Baznas Bersama Pemerintah Kota Payakumbuh Sosialisasikan UPZ Berbasis Masjid

 

Payakumbuh, fajarharapan.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Payakumbuh bekerjasama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Sosialisasi Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berbasis Masjid yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Rabu(8/3/3/2023).
Sosialisasi ini diikuti oleh 55 orang pengurus Masjid yang ada di Kecamatan Payakumbuh Timur, Selatan, Utara Dan Latina. 
Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Ketua Baznas Kota Payakumbuh Hamdi Syofian dan Kakankemenag H. Joben. 
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang zakat dan mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam pengumpulan dan distribusi zakat yang tepat sasaran. Selain itu, juga dilakukan penyuluhan tentang tata cara menghitung dan menyalurkan zakat yang benar.
“Kami berharap dengan adanya UPZ berbasis masjid ini, masyarakat dapat lebih mudah dalam menyalurkan zakat dan membantu mengentaskan kemiskinan yang berada di Kota Payakumbuh,” ujar Pj. Wali Kota Rida Ananda saat membuka sosialisasi secara resmi.
Ditambahkan Rida, Saat ini kesadaran masyarakat dalam membayar zakat sangat tinggi, masyarakat sangat percaya untuk memberikan zakat kepada Baznas. Untuk itu mari jaga kepercayaan masyarakat dan laksanakan tugas ini dengan amanah. 
” Kami sangat menyambut baik kegiatan ini karena akan menimbulkan dampak positif bagi masyarakat kota Payakumbuh. Untuk itu kami berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik sehingga nantinya akan ada ilmu baru tentang bagaimana kita membangun masyarakat melalui Masjid dan bagaimana pola pengembangan zakat di Masjid masing-masing, ” Pungkas Rida
Dikesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Payakumbuh Hamdi Syofian mengatakan selain sosialisasi UPZ, Baznas juga akan menjabarkan tentang memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya zakat dan tata cara menghitung zakat yang benar.
“Kami berupaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang zakat dan cara menghitungnya. Dengan begitu, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya zakat dan berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan (8 Asnaf) melalui pengumpulan dan distribusi zakat yang tepat sasaran,” ujar Hamdi
Ditambahkannya, Sosialisasi Pembentukan UPZ Berbasis Masjid oleh Baznas merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pengumpulan dan distribusi zakat di Kota Payakumbuh. 
Diharapkan dengan adanya program ini masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya Zakat, Infaq dan Shadaqah sehingga mampu berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui pengumpulan dan distribusi zakat yang tepat sasaran.
“Apabila UPZ telah terbentuk dan terbangun di tiap satuan Masjid, maka nantinya sangat mudah untuk mengorganisir calon muzakki dan juga calon mustahiq, dan juga akan mempermudah proses pengumpulan dan pendistribusian kepada Masyarakat Kota Payakumbuh,” pungkas Hamdi (Humas/Zik)

Baca Juga  Parah! Bocah 6 Tahun Pesan Makanan Online Senilai Hampir Rp15 Juta dari Aplikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *