Genius Umar ; Proklim Dapat Mengendalikan Dampak Perubahan Iklim

Walikota Genius Umar memberikan pengarahan pada “Sosialisasi Program Kampung Iklim Kota Pariaman tahun 2023” di Balairung Rumah Dinas Walikota, Kamis 9 Maret 2023 (foto.mc)

Kota Pariaman – Wali Kota Pariaman Genius Umar menyebutkan, persoalan perubahan iklim sudah menjadi fenomena lingkungan yang nyata dan diakui sebagai salah satu ancaman terbesar bagi kehidupan manusia.

Untuk itu, peran Program Kampung Iklim (Proklim) sebagai program ketahanan iklim di tingkat lokal, sangat penting untuk dilaksanakan, mengingat bahwa Proklim telah menjadi bagian dari kebijakan transisi Indonesia, menuju masa depan yang rendah emisi dan berketahanan iklim. Hal demikian, sesuai dengan dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia.

Hal itu disampaikan Walikota Genius Umar ketika membuka secara resmi “Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) Kota Pariaman Tahun 2023” yang dilaksanakan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkung Hidup (Perkim LH) di Balairung Rumah Dinas Waikota, Kamis (9/3/23).

Baca Juga  Buya Mahyeldi Apresiasi Pengurus PROKAMI berikan terobosan Pelayanan Kesehatan madani bagi masyarakat Sumbar.

Untuk itu sebagai upaya peningkatan pengendalian dampak perubahan iklim, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan Proklim yang merupakan program berlingkup nasional. Sehingga dikembangkan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak, dalam melaksanakan aksi lokal. Terutama untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

“Sosialisasi Proklim ini, kata Wako Genius Umar, bertujuan untuk mendorong masyarakat agar melakukan adaptasi dan mengambil langkah mitigasi terhadap berbagai dampak perubahan iklim, yang dimulai di lingkungan tempat tinggal. Seperti pengendalian kekeringan, peningkatan ketahanan pangan, pengendalian penyakit terkait iklim, penanganan atau antisipasi kenaikan muka laut.

Baca Juga  Cegah Macet, Dishub Kota Payakumbuh Siaga H-7 dan H+7 Lebaran

“Dengan adanya sosialisasi Proklim, saya ingin peserta yang hadir dapat memahami dan mengerti maksud dan tujuan dari sosialisasi ini. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk membangun komitmen terkait pelaksanaan dan pengembangan Proklim. Juga dapat meningkatkan penguatan aksi lokal dalam adaptasi, dan mitigasi perubahan iklim. Sehingga akan banyak terbentuk kampung iklim di Kota Pariaman” harap Genius.

Ia menegaskan, melalui pelaksanaan Proklim ini, Pemerintah juga memberikan penghargaan kepada masyarakat lokal yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigisasi perubahan iklim secara berkelanjutan. (mc/co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *