Ratusan Siswa Berlaga di O2SN Tingkat Kota Pariaman 2023

Walikota Genius Umar bersama Kepala Sekolah dan Madrasah serta atlit O2SN yang berlaga Tingkat Kota Pariaman, usai pembukaan secara resmi di GOR Rajo Bujang, Pariaman, Sabtu 10 Maret 2023 (foto.mc)

Kota Pariaman – Sebanyak 400 siswa-siswi dari sekolah tingkat SD, MI, SMP, dan MTsN se-Kota Pariaman mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Pendidikan Dasar Tingkat Kota Pariaman Tahun 2023 di GOR Rajo Bujang, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Jumat (10/3/23).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar membuka olimpiade tersebut juga dihadiri Sekretaris Disdikpora Hertati Taher, Lurah/Kepala Desa, Kepala SD, SMP, MI, Pengawas SD, SMP, MI, se-Kota Pariaman, dan guru olahraga pendamping.

Dalam sambutannya, Walikota Genius Umar mengatakan, peningkatan mutu pendidikan di sekolah, tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik saja. Namun, juga menyangkut aspek non akademik.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Resmikan IGD Terpadu RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi.

“Sehingga dengan begitu, siswa diharapkan bisa memperoleh pengalaman belajar yang utuh, dan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan perkembangannya” sebut Wako Genius. 

Ia sangat mendukung kegiatan O2SN ini, karena merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat, khususnya di bidang olahraga.

“‘Tentu bertujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa. Sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademis di sekolah agar meningkat prestasi pada bidang olahraga” ujar Genius.

Genius menambahkan, kegiatan ini pastinya dapat mempersiapkan bibit-bibit atlet berprestasi pada tingkat daerah, nasional, maupun international, semenjak usia sekolah. Juga,  dapat mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab.

“Kompetisi ini bukanlah untuk mencari siapa yang menang dan siapa yang salah. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat memasyarakatkan olahraga dan menjunjung tinggi semangat sportivitas. Dengan kegiatan ini, semoga terpilih atlet muda berbakat yang bisa mewakili Kota Pariaman ditingkat Nasional nantinya”, terang Genius.

Baca Juga  Tembakan Peringatan Warnai pembubaran Balap Liar, Pembalap Kocar Kacir hingga Terjatuh

Kata dia, mudah-mudahan kegiatan ini bisa meningkatkan rasa solidaritas serta kebersamaan antara sesama atlit dan guru olahraganya. Dalam pertandingan ini, agar bisa berjalan dengan seadil-adilnya. 

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita, untuk lebih baik dan berprestasi” tegas Genius.

Peserta O2SN ini merupakan siswa-siswi  dari Sekolah Tingkat SD, MI, SMP, dan MTsN se-Kota Pariaman dengan mengikuti 6 (enam) cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Sedangkan untuk tingkat nasional nantinya adalah atletik, silat, senam, bulu tangkis, dan renang.

Khusus untuk Kota Pariaman akan ditambah 3 (tiga) cabang olahraga lagi. Yakni cabang tenis meja, sepak bola dan bola volley. (mc/co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *