Kapal Pengangkut Terdampar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM ke Mentawai Tetap Aman





Padang – Dua kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat terdampar di Pantai Padang akibat cuaca buruk Jumat (14/7/2023). Walau demikian, pasokan BBM ke kabupaten kepulauan itu dijamin tetap lancar.

Jaminan tersebut disampaikan Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumatera Barat, Narotama Aulia Fazri. Dia mengatakan, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan stok BBM di Mentawai dalam keadaan aman pasca pihaknya mendapat laporan dua unit kapal pengangkut BBM diterjang ombak tinggi sehingga terdampar di pantai Padang.

Narotama menerangkan bahwa kapal tersebut merupakan kapal pengangkut bbm untuk wilayah Mentawai. “Pertamina saat ini segera mengevakuasi dan mencari kapal pengganti. Sejauh ini, tak ada persoalan BBM di Mentawai,” ungkapnya.

“Stok bbm di Mentawai aman, terkendali. Kami lakukan pemantauan secara rutin,” lanjut Narotama lagi.

Pihaknya memastikan melakukan upaya-upaya terukur dalam penanganan dua unit kapal yang terseret ombak tersebut agar pelayanan kepada masyarakat tetap berlangsung.

“Kondisi saat ini, arus ombak masih relatif tinggi. Setelah arus ombak sudah agak tenang, pihak KSOP dan Transportir akan melakukan penarikan untuk Kapal SPOB Sumber Jaya 01 yang terseret ombak ini,” jelas Narotama

Sementara untuk kapal SPOB Kurnia Budi Terang VII yang terkena Batu, kami mendapatkan informasi terdapat kebocoran pada Badan Kapal. “Alhamdulillah untuk kapal yang satu ini, tidak terdapat muatan BBM, sehingga tidak ada kebocoran yang mencemari laut,” lanjut Narotama.

Pertamina Patra Niaga juga melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pihak Transportir dan KSOP, terkait langkah penanganan lanjutan.

Laporan sementara terjadinya insiden disebabkan adanya arus hujan yang kuat dari arah hulu menuju Pelabuhan Muaro, dimana di Pelabuhan tersebut merupakan tempat Kapal SPOV KBT VII & SJ 01 sandar untuk melakukan pemuatan BBM/K untuk kebutuhan di Kep. Mentawai.

Saat ini posisi Kapal Kandas berada di belakang Masjid Al-Hakim, Kota Padang untuk dilakukan evakuasi dan penanganan. (maya)

Baca Juga  Acara Olahraga Diserang Kelompok Separatis dengan Bom, 9 Atlet dan 10 Warga Sipil Luka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *