KRI Diponegoro-365 Laksanakan Mail Bag Transfer Exercise Dengan HS Limnos F-451 Di Laut Mediterania


Jakarta, fajarharapan.id — Guna meningkatkan hubungan kerjasama antar kapal perang yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) 488 UNIFIL, KRI Diponegoro-365 sebagai salah satu unsur yang tergabung dalam Satgas MTF Kontingen Garuda XXVIII-O/UNIFIL melaksanakan Mail Bag Transfer Exercise dengan kapal perang Yunani HS Limnos F-451 di Area of Maritime Operation (AMO) Perairan Mediterania, Lebanon, Minggu (04/02) kemarin.

Mail Bag Transfer Exercise adalah jenis latihan pembekalan di laut dengan pengiriman barang yang bersifat ringan antara kapal pemberi dan kapal penerima.

Latihan ini dilaksanakan guna menyamakan persepsi dalam prosedur dan melatih para prajurit khususnya tim pembekalan di laut serta para perwira muda dalam suatu latihan bersama. Diharapkan dengan latihan ini nantinya juga dapat meningkatkan hubungan bilateral antara kedua Angkatan Laut.

Baca Juga  Kesiapsiagaan dan Kemampuan Unsur Hanud, Kosek IKN Menggelar Latihan Petir Cakra A-23

Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa walaupun kedua kapal perang ini berada di bawah MTF 448, akan tetapi kesempatan berinteraksi secara bilateral sangatlah susah karena dihadapkan dengan pola operasi yang sudah di atur oleh N5 MTF.

“Oleh karena itu, dalam kesempatan latihan inilah kedua Angkatan Laut dapat berinteraksi, berbagi ilmu dan pengalaman yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua Angkatan Laut,” ungkap Dansatgas.

Baca Juga  Kunjungan Danpussenarmed di Yonarmed 11 Kostrad

Latihan ini diawali dengan kapal perang Yunani, HS Limnos F-451 sebagai kapal penerima melaksanakan pendekatan kepada KRI Diponegoro-365, kemudian dilanjutkan dengan penembakan gunline dengan mengirimkan tali pendahuluan dan tali jarak.

Diakhir latihan KRI Diponegoro-365 melakukan parade kepada kapal perang Yunani, HS Limnos F-451 dan dilanjutkan kedua kapal bermanuver keluar formasi untuk menuju daerah operasi masing-masing.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan misi perdamaian dunia untuk senantiasa menjaga hubungan diplomasi dan kerjasama yang baik dengan negara-negara sahabat guna mewujudkan tujuan bersama menuju kejayaan Angkatan Laut. (Dispenal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *