Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu Gelar Posbindu, Warga Bahagia

.


Bengkulu Selatan, fajarharapan.id – Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ulu, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu menggalakkan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) bagi lanjut usia (lansia).

Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu

Pelayanan itu mendatangkan tenaga medis dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan dibantu bidan desa bersama perawat desa. 

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Bengkulu Selatan Bahas Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati Tahun 2022

“Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan satu kali, tujuannya supaya mudah untuk melihat keadaan perkembangan kesehatan para Lansia di Desa Lubuk Sirih Ulu,” ujar Kepala Desa Lubuk Sirih Ulu, Ricky Asteria kepada fajarharapan.id di kantornya, Kamis (13/4/2023).

Menurutnya, Posbindu ini mereka yang mendaftar diperiksa kesehatannya dan diberikan obat sesuai penyakit yang dideritanya.

Tak luput juga pemberian asupan makanan bergizi seperti roti, susu, kacang ijo, kedelai dan sebagainya.

“Kami membentuk kader Posbindu ini guna memudahkan keadaan kesehatan mereka. Kami senang melihat mereka sehat bisa beraktivitas sedia kalanya,” tambah dia.

Baca Juga  Peringatan HUT RI ke-78 di Bengkulu Selatan, Sejumlah Warga Binaan Terima Remisi

Sementara itu salah seorang lansia kepada media ini menyebutkan, sedang diberi kesempatan untuk mendapatkan pelayanan di Posbindu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Kades dan perangkatnya serta tim medis yang telah dengan ikhlas melayani kami untuk berobat. Semoga Allah memberi palaha yang berlipat ganda, apalagi di bulan Ramadhan,” tutup sang nenek ini. (sugianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *