Agam  

Rombongan Pulang Basamo Kecamatan Lubuk Basung Tiba di Kampung Halaman, Ada yang 37 Tahun Tidak Pulang

Lubuk Basung, fajarharapan.id – Rombongan pulang basamo perantau Kecamatan Lubuk Basung tiba. Mereka disambut sejumlah tokoh masyarakat di halaman parkir hotel Sakura Syariah, Sabtu, (6/4/2024).

Pulang basamo perantau Kecamatan Lubuk Basung dimotori oleh Ketua Umum Rukun Keluarga Kecamatan Lubuk Basung (RKKL) Jabodetabek, Yoswandi Lelo dengan program Pulang Basamo anggota DPR-RI, Andre Rosiade untuk pengadaan armada mudik lebaran tahun 1445 H/2024 M.

Sebanyak empat unit bus pariwisata, rombongan perantau Lubuk Basung tiba di kampung halaman disambut hangat oleh sanak famili dan sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Lubuk Basung untuk merayakan hari Raya Idil Fitri 1445 H.

Ketum RKKL Jabodetabek, Yoswandi Lelo mengucapkan selamat datang pada seluruh perantau Lubuk Basung tiba dengan selamat di kampung halaman untuk merayakan hari Raya Idil Fitri bersama sanak keluarga.

“Pulang Basamo perantau Kecamatan Lubuk Basung Se- Jabodetabek baru pertama kali diselenggarakan oleh RKKL pada tahun ini untuk mewujudkan silaturahmi antara perantau dan sanak famili di kampung halaman,” ungkapnya.

Baca Juga  Agam Peringati Kepindahan Ibukota dari Bukittinggi ke Lubuk Basung

Yoswandi Lelo juga mengungkapkan bahwa ada perantau Lubuk Basung yang sudah 37 tahun tidak pulang kampung, kali ini bisa ikut pulang kampung bersama rombongan Pulang Basamo.

Camat Lubuk Basung, Ricky Eka Putra mengucapkan selamat datang kepada seluruh perantau yang baru saja sampai dikampung halaman dalam kegiatan “Pulang Basamo Warga Lubuk Basung”.

“Alhamdulillah setelah menempuh perjalanan selama dua hari dunsanak kito perantau Lubuk Basung telah sampai dengan selamat di kampuang halaman,” ulas Ricky.

Dia juga merasa bangga karena bisa bersilaturrahmi dengan warga yang ada di perantauan. “Kami yakin diantara dunsanak kami yang pulang kampuang ini ada yang sudah lama tidak pulang,” ujarnya.

Ricky menyampaikan pada perantau bahwa di Kecamatan Lubuk Basung sekarang sudah menjadi 10 Kanagarian. Diantaranya ada 5 Nagari baru yang merupakan Nagari pemekaran dari Nagari Induk Lubuk Basung.

“Diantara Nagari pemekaran itu yakni Nagari Persiapan Kandih, Nagari Persiapan Parik Panjang, Nagari Persiapan Sangkir, Nagari Persiapan Surabayo dan Nagari Persiapan Sungai Jariang. Sedangkan 5 Nagari yang sebelumnya tetap, jadi sekarang jumlahnya 10 Nagari,” tukuk camat.

Baca Juga  Ketahanan dan Kerentanan Pangan di Agam Dipetakan

Dilanjut Camat Lubuk Basung, ke 5 Nagari baru itu masih dalam proses untuk Definitif. Jika seandainya 5 Nagari baru itu telah definitif maka akan diadakan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana).

Ricky juga mengajak perantau Lubuk Basung untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 H nanti di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Agam nantinya sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Kepada RKKL kami berharap dukungan dalam membangun Lubuk Basung ke depan. Dan hubungan silaturrahmi kita antara ranah dan rantau bisa dijalin terus serta kami siap menerima kritik dan saran demi kemajuan Lubuk Basung kedepan,” ungkap camat muda itu.

Penyambutan perantau Kecamatan Lubuk Basung disambut langsung oleh Camat Lubuk Basung, Ricky Eka Putra didampingi oleh Walinagari Geragahan, Darmalion, Pj. Walinagari Parik Panjang, Bayu Wiranatha dan sejumlah pemuka masyarakat Lubuk Basung.(Iban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *