Agam  

Fluktuasi Data, 270.179 Jiwa Masuk DTKS Agam, Verifikasi Rutin Dilakukan

Fluktuasi Data
Kantor Bupati Agam.

Lubukbasung – Dinas Sosial Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 270.179 jiwa warga di daerah tersebut terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) per Desember 2023, tersebar di 16 kecamatan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Agam, Yunelson, yang didampingi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Agam, Azmar, mengungkapkan bahwa jumlah individu dalam DTKS mengalami fluktuasi setiap bulannya. Pemerintah nagari atau desa akan melakukan verifikasi dan validasi data untuk memastikan bantuan tepat sasaran, sehingga data DTKS ini dapat berubah sesuai dengan kondisi masyarakat.

“Perubahan DTKS dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kematian, perpindahan, dan perbaikan kondisi perekonomian keluarga yang membuat mereka tidak lagi memenuhi syarat menerima bantuan,” ujarnya.

Baca Juga  BKMT Agam Gelar Enam Lomba pada Jambore Kedua 2023

DTKS menjadi dasar dalam penentuan penerima bantuan sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran (PBI), Sembako, dan lainnya. Proses pendaftaran atau penambahan ke dalam DTKS dilakukan melalui pemerintah nagari setempat, dengan usulan ke Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui surat pengantar dari bupati.

Baca Juga  Meriahkan Wisata Dakwah BKMT Sumbar 2023, Stand BAZNAS Agam Beri Minuman Gratis, Himpun ZIS Jamaah

“Dinas Sosial hanya menerima data usulan dari pemerintah nagari, bukan menetapkan siapa yang dapat masuk ke dalam DTKS,” tambahnya.

Sebelumnya, terdapat 267.033 jiwa dari 83.505 kepala keluarga yang terdaftar dalam DTKS di daerah tersebut.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *