Agam  

Piloting Penggunaan Siskeudes Pertama di Sumatera, Kemendagri – Bank Nagari Selenggarakan Bimtek secara Daring

Agam, fajarharapan.id – Kementerian Dalam Negeri selenggarakan pelatihan Bimbingan Teknis penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara daring bersama Bank Nagari di Kantor Bank Nagari Cabang Lubuk Basung, Rabu (22/11).

Hadir dalam pertemuan ini Kementerian Dalam Negeri, Bank Nagari Kantor Pusat dan Cabang Lubuk Basung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Kab Agam, Dinas Kominfo Kabupaten Agam dan Wali Nagari Lubuk Basung sebagai Desa / Nagari Piloting Siskeudes.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Kabupaten Agam ditunjuk sebagai piloting penggunaan aplikasi Siskeudes yang pertama di Sumatera atau ketiga di Indonesia setelah Bali dan Jogja.

Baca Juga  Bantuan Kemanusiaan dari Badan Pangan Nasional untuk Kabupaten Agam

“Kedepannya aplikasi ini akan membuat keuangan Kenagarian online dengan sistem Bank sehingga pencatatan lebih transparan dan akuntable. Hal ini tentunya juga sesuai dengan implementasi Smart City di Kabupaten Agam,” ungkap Musa Adi Guna, Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Basung.

Ia menambahkan, fitur yang terdapat pada aplikasi Siskeudes dibuat sederhana sehingga memudahkan pengguna mengoperasikan aplikasi Siskeudes.

“Terkait persiapan penggunaan siskeudes link di Nagari Lubuk Basung, semua transaksi sudah melalui non tunai,” tambahnya.

Dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *