Agam  

Gerakan Urang Agam Makan Ikan Digalakkan, Ini Manfaatnya

Agam, fajarharapan.id – Guna mendorong tingkat konsumsi ikan di Indonesia, pemerintah telah menetapkan Hari Ikan Nasional (HARKANAS) yang diperingati setiap tanggal 21 November.

Peringatan HARKANAS tersebut kini sudah memasuki tahun kesepuluh, sejak ditetapkan melalui Keppres Nomor 3 Tahun 2014 pada tanggal 24 Januari 2014. Tahun ini, peringatan HARKANNAS mengusung tema “Ikan untuk Generasi Emas”

Dalam memperingati hari tersebut Forikan Agam selenggarakan Gerakan Urang Agam Makan Ikan (Gurami) yang diselenggarakan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Rabu (15/11).

Tema tersebut menjadi panggilan kepada berbagai elemen bangsa dalam menjaga keberlanjutan sumberdaya perikanan untuk generasi mendatang. Generasi emas adalah generasi yang cerdas, sehat, kuat, dan memiliki karakter yang baik.

Bupati Agam yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Drs H Edi Busti MSi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Ketua Umum Forikan Kabupaten Agam beserta pengurus yang telah menginisiasi Gerakan Urang Agam Makan Ikan (GURAMI) sebagai upaya percepatan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Agam.

Baca Juga  RPJPD Agam 2025-2045 Angkat Visi 'Agam Maju, Berkelanjutan Berdasarkan Agama dan Adat'

Ia juga berharap melalui festival GURAMI dan peringatan HARKANAS ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, serta menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat.

“Sehingga ikan dijadikan sumber protein yang selalu hadir di dalam menu keluarga guna mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Agam.,” ungkap Sekda.

Diketahui potensi Perikanan Kabupaten Agam sangat melimpah mulai dari laut, sungai, waduk, kolam maupun sawah. Potensi tersebut harus dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk kesejahteraan masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional.

Baca Juga  Mobil Pick Up L300 Jatuh ke Jurang dan Diseret Arus Sungai, Satu Orang Tewas

Disamping itu, Ketua Forikan Agam, Ny Yenni Andri Warman menyebutkan kegiatan ini bekerjasama dengan DKPP dengan mengisi berbagai kegiatan seperti bazar produk olahan perikanan, bazar pangan murah, kuliner ikan, pemeriksaan kesehatan gratis, panggung hiburan, dan membagikan bakso ikan secara gratis.

“Kegiatan Gurami, Forikan Agam bagikan bakso ikan sebanyak 500 mangkok gratis bagi pengunjung khususnya kepada siswa sekolah dasar yang hadir,” ujar Ny Yenni.

Selanjutnya ia menghimbau untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Agam, dengan membudayakan makan ikan di masyarakat adalah suatu keharusan.

“Harapannya tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” tutup Ny Yenni. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *