Agam, Jambi  

Raih Lima Medali ; Sumbar Peringkat 10 Besar STQH Nasional di Jambi

Jambi – Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Al Hadis (STQH) Nasional XXVII di Jambi usai sudah. Kafilah Sumatera Barat (Sumbar) berada pada Peringkat 10 besar dengan raihan 5 (lima) mendali. Perhelatan ini ditutup Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Senin malam (6/11/2023).

Gubernur Mahyeldi mengatakan STQH kali ini Sumbar berada di peringkat 10 besar, sama dengan perolehan pada STQH di Maluku Utara, tahun 2021 lalu.

“Ini sudah usaha maksimal, apa yang kita perbuat dan kita peroleh hari ini merupakan yang terbaik yang diberikan Allah swt. Dan ini, kita jadikan pembelajaran atau i’tibar untuk masa yang akan datang,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Gubernur didampingi Kepala Biro Kesra, Al Amin bertekad akan mempersiapkan Kafilah Sumbar dengan baik. Pemprov sudah mengajukan anggaran untuk pembinaan Al Quran ini melalui anggota legislatif.

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan Kafilah Sumbar. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang Sumbar akan lebih baik lagi,” harap Gubernur.

Baca Juga  Pemko Pariaman Kembali Salurkan Beras CPP Tahap 2 Tahun 2023

Untuk ke depan, kata Gubernur Mahyeldi, maka perlu melihat, faktor-faktor keberhasilan yang dilakukan provinsi lain. Terutama Jawa Timur yang tetap bertahan di peringkat pertama terbaik.

“Faktor-faktor keberhasilan itu akan menjadi masukan bagi kita dalam melakukan pembinaan Kafilah Sumbar ke depan,” pungkas Gubernur

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Yufrizal mengatakan perolehan Sumbar pada tahun ini cukup meningkat dari STQH sebelumnya.

“Dimana tahun ini dua orang peserta Sumbar berhasil lolos ke final. Sebelumnya, hanya satu orang. Ini sudah kemajuan yang luar biasa,” ungkap Yufrizal.

Dikatakannya, lima diantara peserta Sumbar raih lima medali. Yakni Juara 2 cabang Hifzhil 20 Juz Putri diraih Maryam Ulyadi. Juara 3 Tilawah anak-anak putra oleh Latifatul Tirta,

Kemudian harapan 2 Hifzhil 5 Juz Putri diraih Fathiyyah Arafah Afsha. Harapan 3 Tilawah anak-anak Putri diraih Kaysah Fitri, dan Harapan 3, Tafsir Bahasa Arab Putri diraih Fithri Marfihiyya

Sedangkan peringkat Juara Umum diraih Jawa Timur disusul DKI Jakarta, dan Sumatera Selatan. Peringkat 4 diraih 3 provinsi Kepulauan Riau, Jawa Barat dan Riau.

Baca Juga  Update Pengaturan Lalu Lintas, Dishub Sumbar Umumkan Perubahan Rute Mudik

Pada posisi kelima Kalimantan Selatan dan Nanggroe Aceh Darussalam. Disusul Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah. Posisi 9, Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi, di posisi 10 Sumatera Barat.

Usai mengikuti penutupan, Kafilah Sumbar dipimpin Ketua Rombongan Kepala Biro Kesra dan Ketua LPTQ, M.Ridho Nur langsung bertolak menuju Kota Padang menggunakan jalur darat.

Turut Hadir MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Komaruddin Amin, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, bersama Gubenur dan Kakanwil Kemenag se Indonesia.(hmskmngsb).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *