Agam  

Luar Biasa,KAN Lubuk Basung Terbaik di Sumatera Barat

Agam, fajarharapan.id – Kerapatan Adat Nagari ( KAN ) Lubuk Basung, Kabupaten Agam terpilih sebagai KAN Terbaik I Sumatera Barat tahun 2023 dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi KAN sebagai organisasi ninik mamak yang bertujuan memasyarakatkan nilai-nilai adat di tengah kehidupan masyarakat.

Prestasi tersebut diraih sesuai keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 411-671-2023 tentang penetapan pemenang penilaian kerapatan adat nagari terbaik tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2023 tanggal 29 September 2023 yang ditandatangani Gubernur.

Penetapan KAN Terbaik I Sumbar tersebut diraih setelah sebelumnya dilakukan serangkaian penilaian baik secara administrasi maupun verifikasi lapangan yang dilakukan di kantor KAN Lubuk Basung, Jum’at (8/9/2023) yang lalu.

KAN yang berada di pusat pemerintahan Kabupaten Agam itu, dinilai tampil maksimal dengan serangkaian terobosan yang dilakukan dan sukses unggul di banding KAN dari berbagai kabupaten-kota lain.

Tampilnya KAN Lubukbasung sebagai yang terbaik di Sumbar itu sendiri, sudah diprediksi sejak lama oleh banyak pihak, menyusul serangkaian terobosan yang dilakukan jajaran pengurus KAN Lubukbasung dibawah pimpinan Ir Novi Endri Msc Dt Simarajo terutama dalam pengelolaan administrasi, penataan sarana kantor, inovasi dan kemandirian dalam pengelolaan berbagai kegiatan, yang menjadi poin lebih KAN Lubuk Basung.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Jihad Koto Hilalang

Pengumuman dan penyerahan hadiah KAN Terbaik di Sumatra Barat itu digelar khusus saat puncak peringatan HUT ke-78 propinsi Sumatra Barat di Gedung DPRD Sumbar di Padang, Minggu, (1/10) yang dihadiri tokoh-tokoh penting Sumbar di Indonesia.

Sukses prestasi luar biasa yang diraih KAN Lubukbasung itu dibenarkan Ir.Novi Endri Dt.Simarajo, Msc, ketua KAN Lubuk Basung melalui ponselnya.

“Alhamdulillah, berkat dukungan bersama, doa seluruh masyarakat Nagari Lubuk Basung dan Kabupaten Agam , KAN Lubuk Basung sukses meraih prestasi terbaik tahun ini,“ ungkapnya.

Novi Endri Dt Simarajo melanjutkan, prestasi tersebut merupakan wujud kebersamaan dan dukungan bersama seluruh ninik mamak Nagari Lubuk Basung, jajaran pemerintahan Nagari, Pemkab Agam dan seluruh komponen masyarakat.

“KAN Lubuk Basung telah melakukan berbagai upaya dan terobosan yang dilakukan KAN Lubukbasung untuk terus berbenah dalam berbagai aspek,” tambahnya.

Diharapkan Novi Endri Dt Simarajo, penghargaan terbaik KAN Terbaik I di Sumatera Barat itu, bisa menjadi bagian penting bagi seluruh komponen yang ada di Lubuk Basung untuk semakin memperkokoh kebersamaan, komitmen untuk terus maju dan berkembang, mendorong pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dengan bersinergi dengan pemerintah daerah.

Baca Juga  Pemkab Agam Salurkan Bantuan Galodo dari Kabupaten Bengkalis kepada Guru dan Murid Terdampak

“Kita bangga dan apresiasi peran aktif seluruh warga. Penghargaan KAN Terbaik I Sumbar tahun 2023, sepenuhnya untuk ninik mamak,untuk masyarakat Lubuk Basung dan Kabupaten Agam,kami sangat berterima-kasih atas dukungan yang diberikan,“ ulasnya.

Ketua KAN Lubukbasung itu berharap, dengan prestasi luar biasa yang diraih itu, menjadi motivasi besar untuk mengaplikasikan posisi terbaik itu dalam berbagai aktivitas masyarakat, terutama dalam penerapan adat-istiadat untuk membentengi masyarakat dari dampak era global, sesuai peran dan fungsi ninik mamak.

Selain itu, atas prestasi tersebut KAN Lubuk Basung mendapatkan hadiah trofi, piagam dan uang tunai sebesar Rp12.500.000.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *