Agam  

Wabup Agam Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi dengan Mendagri

.

Lubuk Basung – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah, yang digelar secara virtual, di aula kantor Bupati Agam, Senin (6/3).

Rakor ini dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian dan dihadiri kepala daerah se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri menyampaikan perkembangan terkait situasi dan dampak inflasi di beberapa negara dan Indonesia.

Dikatakan, berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), perkembangan inflasi Indonesia per Februari 2023 lebih rendah dari bulan sebelumnya.

Baca Juga  Sejumlah Pohon Besar Tumbang, Tanjung Raya Dilanda Angin Kencang

“Pada bulan Januari menunjukkan angka sebesar 0,34 persen, sedang pada Februari sebesar 0,16 persen. Sementara angka inflasi untuk per tahunnya meningkat dari 5,28 persen menjadi 5,47 persen,” ujarnya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat sebesar 5 persen.”Saat ini Indonesia peringkat 143 dari 186 negara di dunia, jika diurutkan dari angka inflasi tertinggi hingga terendah,” jelasnya.

Baca Juga  Pendidikan Usia Dini Penting Bentuk Karakter Anak

Kepada seluruh kepala daerah, Mendagri berpesan agar dapat selalu memonitor perkembangan inflasi di daerahnya masing -masing.

Dijelaskan, penyumbang inflasi terbanyak berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Untuk mengendalikan inflasi, harus memperkuat kerjasama antar daerah, melalui pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan komoditas serta menjalin koordinasi untuk mengatasi hambatan dan kendala tranportasi barang-jasa,” harapnya. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *