Agam  

Puskesmas Sungai Pua, Wakili Agam ke Tingkat Provinsi Sumbar dalam Penilaian Ini

Agam, fajarharapan id – Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) terbaik, Puskesmas Sungai Pua Wakili Agam dalam Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Kabupaten Agam terus berupaya secara optimal menata sistem pelayanan publik yang efektif dan efisien serta berorientasi pada peningkatan mutu.

Pelayanan berorientasi kepada mutu kepada masyarakat atau publik tersebut dilakukan melalui inovasi-inovasi yang diluncurkan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik.

Berbagai prestasi telah didapat oleh Pemerintah Kabupaten Agam, hal itu menjadi bukti kepedulian dan komitmen Pemerintah Kabupaten Agam terhadap pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik kepada masyarakat.

Beberapa apresiasi yang diperoleh oleh Kabupaten Agam 3 tahun terakhir antara lain Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Top 30 Peserta Terbaik Kategori Instansi Pemerintah Umum Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 Tahun 2022, Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya Tahun 2022, Opini Kualitas Tinggi untuk Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022.

Hari ini, Senin (4/9) Sekda Kabupaten Agam Drs Edi Busti MM mewakili Bupati Agam ikuti Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik diselenggarakan sebagai ajang pengembangan inovasi dan memotivasi, untuk lahir dan terciptanya berbagai inovasi baru yang telah dilakukan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP).

Baca Juga  Jadi Narasumber Seminar IMLF, Ini yang Dibahas Bunda Literasi Agam

“Melalui kompetisi ini kita berharap seluruh Unit Kerja Pelayanan Publik yang ada dapat termotivasi untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat melalui perbaikan mutu layanan dan inovasi – inovasi yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat,” ungkap Sekdakab Agam itu dalam sambutannya pada penilaian kompetisi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 di Puskesmas Sungai Pua, Senin (4/9).

Tim Penilai Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023 antara lain Prof Dr Edi Safri, Sawir Pribadi, Dr Ria Ariany MSi, Dr Zikri Alhadi,S IP, MA, dan Siri Antoni, S Thi,M Si.

Puskesmas Sungai Pua merupakan salah satu UKPP yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam dengan kualitas layanan yang sangat baik, sehingga Pemda Kabupaten Agam sepakat untuk menunjuk Puskesmas Sungai Pua sebagai perwakilan Kabupaten Agam dalam ajang kompetisi bergengsi tahun ini.

“Dan baru baru ini Puskesmas Sungai Pua juga mendapat sertifikat akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat,” tambah Edi Busti.

Baca Juga  Soal Penunjukan Plt Direktur PDAM Tirta Antokan, Pemkab Agam; Sudah Sesuai Regulasi

Dengan wilayah kerja yang cukup luas, meliputi  5 nagari, 28 jorong, berbagai terobosan dan inovasi telah dilakukan oleh Puskesmas Sungai Pua dalam rangka  meningkatkan kuallitas layanannya.

Peningkatan kualitas layanan dapat terlihat dari meningkatnya kepuasan masyarakat, yang ditandai dengan adanya perbaikan Indeks Kepuasan Masyarakat.

“Pada Semester II tahun 2022 IKM Puskesmas Sungai Pua hanya 74,45, namun pada Semester I 2023 meningkat menjadi 80,99,” terangnya.

Berbagai inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Pua dan menjadi andalan dalam meningkatkan kualitas layanan adalah SALASAI ( Satukan Langkah Sehat Untuk Indonesia ) dimana Inovasi ini berawal dari Bahasa Minang yang artinya setiap pekerjaan yang ditugaskan oleh Pimpinan maka akan diselesaikan secara tuntas oleh petugas dan pemegang program pada Puskesmas Sungai Pua.

Inovasi Salasai merupakan induk dari beberapa inovasi lainnya, yang terdiri dari beberapa inovasi antara lain : Gebyar Cinta Prolanis, Cintai Bumil, Sicepat Sehat, Soenting Emas, GETAR, Panah Asmara dan Setia Untuk Sidia.

Bupati juga berharap pada penilaian hari ini, Kabupaten Agam dapat mengukir prestasi terbaik dalam pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik tahun 2023 di Propinsi Sumatera Barat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *