Agam  

Bupati Agam Lepas Pawai Taaruf Perayaan Khatam MDTA Batu Palano

Bupati Agam Andri Warman
Bupati Agam Andri Warman

Sungai Pua – Sebanyak 24 orang santri MDTA Muhammadiyah Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, ikuti pawai taaruf perayaan khatam Al-Qur’an, Minggu (16/7).

Seperti biasanya, sebelum khatam dimulai peserta diarak melalui kegiatan pawai taaruf, yang diiringi anak PAUD berpakaian adat dan Drumband.

Pawai dilepas secara resmi oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman, yang didampingi Anggota DPRD Agam, Camat Sungai Pua, Ridwan, Wali Nagari Batu Palano, tokoh masyarakat Agam Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, niniak mamak, bundo kanduang, orang tua santri dan lainnya.

Baca Juga  456 Guru P3K Agam Tandatangani Perjanjian Kerja

Menurut, Bupati Agam, sesuai filosofi Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), anak Minangkabau harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik. Karena adat dan agama di Minangkabau tidak bisa dipisahkan.

“Selamat bagi anak kita yang dikhatam hari ini. Semoga kegiatan ini berjalan lancar sesuai yang diharapkan bersama,” ujar bupati.

Sebagai motivasi, bagi santri yang meraih peringkat terbaik pada khatam Al-Qur’an ini, atas nama pribadi bupati yang akrab disapa AWR ini akan memberikan hadiah khusus berupa sebuah sepeda.

Baca Juga  Sekda Agam; Idul Fitri Mempererat Tali Silaturrahim

“Ini untuk memotivasi sekaligus menghargai perjuangan anak kita, karena keberhasilan itu bisa diraih berkat perjuangan yang mereka lakukan,” katanya.

Meski santri telah dikhatam, tapi ini bukan akhir dari proses pembelajaran, sehingga bupati minta santri tetap membaca Al-Qur’an di rumah, kalau perlu meningkat ke tahfizh.

“Dengan begitu akan lahir hahfizh-hahfizh baru khususnya di Batu Palano, Untuk mencapai itu tentu harus dibina dari sekarang,” sebutnya.

Untuk itu, bupati berharap agar orang tua santri selalu memotivasi anak-anak di rumah supaya lebih giat membaca Al-Qur’an.(zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *