Agam  

Pawai Obor Menyambut Tahun Baru Islam di Agam

Agam – Pawai obor menyambut tahun baru Islam ke 1445 Hijriyah di Kabupaten Agam menjadi tontonan tersendiri bagi warga setempat.

Pantauan AMC, pawai obor pada Selasa (18/7) malam ini diikuti seribuan santri dan santriwati se Kecamatan Lubuk Basung.

Ratusan masyarakat juga tampak mengerumuni lokasi pelepasan arakan pawai persisnya di jalan protokol di depan Masjid Agung Nurul Falah. Masyarakat yang hadir terdiri dari anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Pawai obor yang sempat vakum akibat Covid-19 ini seakan menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat untuk melepas penat.

Baca Juga  Bapenda Agam Sosialisasikan Perda Pajak dan Retribusi Daerah

Seperti halnya yang diutarakan Sarmadi (52) warga Lubuk Basung. Ia mengaku sengaja menyaksikan pawai obor bersama kelurga lantaran ini menyemarakan pergantian tahun baru Islam.

“Kesini bersama anak dan istri, besok kan libur makanya menyaksikan pawai obor. 1 Muharram kan tahun baru Islam,” katanya.

Hal senada juga diutarakan Khairani (21). Menurutnya, pawai obor uang berlangsung seakan menjadi penawar rindu kegiatan serupa pasca pandemi Covid-19.

Baca Juga  Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Fasilitas Umum Pasca Banjir Bandang

“Selain mendampingi adik yang ikut pawai, saya juga rindu kegiatan seperti ini. Pas malam Idul Adha kemarin kan hujan, pawai tidak jadi dilaksanakan, sekarang lagi waktunya,” kata dia.

Khairani berharap pawai obor menyambut 1 Muharram ini agar dapat terus berlanjut untuk kedepan. Kegiatan semacam ini juga dapat mengisi pergantian tahun baru Islam dengan kegiatan menyenangkan.

“Semoga ada lagi, bisa memeriahkan 1 Muharam dengan kegiatan bernuasa Islami,” ujarnya. (zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *