Masyarakat Solsel Jadikan Festival Durian Sebagai Ajang Hiburan Untuk Keluarga

Solsel, fajarharapan.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar festival Durian terakbar di Sumbar. Diantara rangkaian acara festival itu seperti lomba memilih dan mengupas durian tercepat (Durian Unboxing Challenge) sebagai bagian dari Festival Durian 2024.

“Peserta durian unboxing ini akan ditantang mengendus durian, dan dapat menebak isi durian yang bagus saat dibuka,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Solok Selatan Sendria Fardi, di Padang Aro, Jumat (19/4/2024).

Pada kegiatan ini, kata dia, telah disediakan sekitar 100 buah durian yang akan di-unboxing oleh peserta yang adalah para pelajar SMA. Lomba memilih dan membuka durian tercepat ini disponsori oleh Bank Nagari dengan total hadiah senilai Rp3,05 juta, dan akan diberikan kepada lima peserta terbaik.

Peserta terbaik pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1 juta, terbaik kedua Rp 800.000, ketiga Rp 600.000, dan pemenang ke-4 dan ke-5 mendapatkan hadiah sebesar Rp 400.000, dan Rp 250.000.

Sedangkan, juri kegiatan ini berasal dari Dinas Pertanian Solok Selatan, dan ini menjadi yang pertama dilakukan dalam pelaksanaan Festival Durian.

Festival ini digelar di Pulau Mutiara, jorong Manggiu Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat,yang kaya akan pohon durian yang berumur ratusan tahun. Ajang ini juga didukung oleh pemerintah provinsi setelah ditetapkannya Nagari ini sebagai agrowisata durian di Sumatera Barat.

Baca Juga  Reses Herman Sawar, Sukses Penuhi Aspirasi Masyarakat dan Terima Masukan Penting

Festival durian di Solok Selatan merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan dan menjadi satu-satunya festival Duroan di Sumatera Barat.

Dalam festival ini dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya kontes durian dan makan durian sepuasnya, lomba memancing ikan larangan, pameran UMKM dan alat pertanian, jualan paket durian, offroad, hingga lomba foto selfie dan Tiktok Challenge.

Pada puncak kegiatan Festival di hari Jum’at 19 April 2024 di mana dibagikan 2.500 buah durian kepada masyarakat yang datang ke lokasi kegiatan. 

Tidak hanya itu hiburan dan doorprize membuat masyarakat betah menghabiskan waktunya di penghujung pekan di kawasan Pulau Mutiara Lubuk Gadang Utara, Sangir ini. Ditambah lagi dengan makan bersama suguhan durian dan lamang serta pembagian ribuan buah durian membuat keriuhan dan keakraban semakin terasa.

Sambil menikmati durian di lokasi acara, masyarakat juga disuguhkan tausiah serta hiburan, sekaligus menjadi ajang halal bihalal pemerintah kabupaten usai lebaran.

Baca Juga  Pemprov Sumbar Raih Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024

Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan acara ini menjadi ajang silaturahmi, saling mengunjungi seluruh masyarakat. Pasalnya, tak hanya dikunjungi oleh masyarakat Sangir saja, namun juga pengunjung dari nagari lainnya juga berdatangan.

“Pelaksanaan kegiatan ini menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Solok Selatan, tak hanya ke tingkat Sumatera Barat namun juga lintas nagari dan kecamatan,” kata Khairunas.

Tak hanya itu, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan menjadi pengungkit perekonomian daerah melalui pemberdayaan UMKM. Sebab targetnya, Solok Selatan tak hanya menjadi penghasil buah durian saja, namun juga menghasilkan beberapa produk olahan durian.

Sehingga durian asal kabupaten ini tak hanya dicari dalam bentuk mentah saja, namun juga bisa bersaing di pasar yang lebih luas dan varian produk yang lebih banyak pula melalui hilirisasi.

“Saat ini sudah muncul produk-produk dari hasil program ini, yaitu dodol durian dan permen durian. Produk ini walaupun tidak musim durian namun ektraksi rasa durian nya masih dapat kita nikmati. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *