Mengukir Prestasi di Tengah Tantangan, Kisah Sukses Bank Nagari di Usia 62 Tahun

Bank Nagari
Bank Nagari

Padang – Pada hari pertama bulan Ramadhan 1445 H/2024 (12 Maret 2024), Bank Nagari merayakan usianya yang ke-62 dengan semangat inovasi dan kolaborasi. Sebagai bank yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), Bank Nagari terus memanfaatkan peluang-peluang untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan di masa depan.

Perayaan HUT ke-62 Bank Nagari dimulai dengan upacara bendera di Kantor Pusat Bank Nagari di Jalan Pemuda Kota Padang pada Selasa (12/3). Upacara tersebut dihadiri oleh direksi, jajaran komisaris, periode sebelumnya, pensiunan pejabat eksekutif, serta seluruh pimpinan divisi, cabang, pegawai, dan karyawan Bank Nagari.

Pjs Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Gusti Candra

Dalam sambutannya, Pjs Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari, Gusti Candra, menyatakan bahwa peringatan ulang tahun bukan hanya sekadar perayaan, melainkan momentum refleksi dan apresiasi terhadap perjalanan panjang bersama. “Di usia ke-62 tahun ini, Bank Nagari tetap berkomitmen untuk mengoptimalkan segala potensi dan sumber daya demi mewujudkan visi besar sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) terkemuka dan tepercaya di Indonesia,” ujarnya.

Gusti menegaskan bahwa Bank Nagari harus mampu beradaptasi dengan tren teknologi digital dan perubahan perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi serta dinamika bisnis yang berubah cepat. Untuk itu, Bank Nagari mengusung tema “Laju Bersama Digitalisasi” pada tahun 2024 sebagai komitmen untuk terus berinovasi dan menciptakan pengalaman yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan institusi dengan pendekatan transformasi budaya digital dan bisnis berorientasi digital.

Baca Juga  Syamsul Bahri Resmi Dilantik Jadi Anggota DPRD Tanah Datar, Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Pada tahun 2023, Bank Nagari mencatatkan capaian yang membanggakan dengan laba bersih sebesar Rp 523,61 miliar atau tumbuh 11,11% dari tahun sebelumnya. Aset Bank Nagari juga mengalami peningkatan menjadi Rp 32,07 triliun, meningkat 6,55% dari tahun sebelumnya. Selain itu, kredit dan pembiayaan yang disalurkan juga tumbuh menjadi Rp 24,03 triliun, meningkat 6,94% dari tahun sebelumnya.

Kinerja keuangan Bank Nagari yang baik tercermin dari rasio-rasio utamanya seperti rasio NPL yang mencapai 1,98%, lebih baik dari tahun sebelumnya. Rasio CAR meningkat menjadi 21,68%, sementara ROA mencapai 2,21%. ROE sebesar 15,47%, NIM 6,46%, dan BOPO 78,88% juga menunjukkan efisiensi yang baik.

Bank Nagari terus mengembangkan produk dan layanan berbasis digital yang semakin diminati oleh nasabah, seperti Nagari Mobile Banking, Nagari Cash Management, Nagari Portal Payment, Nagari SMS Banking, SMS Notifikasi, dan Nagari Auto Debet. Layanan tanpa kantor seperti Laku Pandai dan Merchant QRIS Bank Nagari juga semakin berkembang.

Baca Juga  DPRD dan Pemkab Tanah Datar Sepakati Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023

Pada tahun 2023, Bank Nagari meluncurkan layanan Terminal Perbankan Elektronik (TPE) yang dapat digunakan sebagai pengganti customer service, serta mengembangkan Mobile Banking dengan konsep Super Apps yang diberi nama Ollin by Nagari. Meskipun belum melakukan grand launching, Ollin by Nagari telah berhasil mencapai 62.000 pengguna selama periode soft launching.

Di sisi lain, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari juga mencatat pertumbuhan yang luar biasa, dengan aset mencapai Rp 4,42 triliun atau tumbuh 34,59% year on year (yoy). Untuk tahun 2024, Bank Nagari memiliki proyeksi pertumbuhan bisnis yang ambisius dengan memfokuskan pada penguatan nilai-nilai dalam budaya kerja “IM STAR”.

Dengan komitmen ini, Bank Nagari yakin dapat terus menjadi pelopor dalam penerapan teknologi digital dalam industri perbankan serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Sumatera Barat dan seluruh Indonesia. (Adv)

#Advertorial#BankNagariKe-62Tahun#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *