Bupati Benny Utama Minta Sekdakab Pasaman Anggarkan Dana Umrah untuk Penghafal Al-Quran

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id – Bupati Pasaman H. Benny Utama punya cara tersendiri untuk mendorong masyarakatnya menjadi penghafal Al-Quran alias hafidz dan hafidzah tang baik.

Saat Wisuda Akbar Tahfidz Al-Quran Kabupaten Pasaman 2023 di Lubuk Sikaping, Rabu (23/8/2023), Bupati Benny saat memberi sambutan meminta yang hafal Al-Quran 30, 20 dan 15 juz untuk tampil ke atas panggung.

Setelah para penghafal itu berada di panggung, Benny kemudian mengatakan kepada para pengunjung bahwa para penghafal Al-Quran itu wajar diberi penghargaan yang layak, buah dari kesungguhannya.

Tanpa menunggu jawaban pengunjung, Bupati Benny mengatakan bahwa yang hafal 30 juz diganjar hadiah umrah, sama dengan hadiah tahun sebelumnya, yang dananya diambilkan dari APBD Pasaman.

Sementara yang hafal 20 juz menerima hadiah Rp5 juta, dan yang hafal 15 juz masing-masing Rp2,5 juta. “Hadiah bagi yang hafal 20 dan 15 juz dari Bupati Benny,” ujarnya, yang disambut tepuk tangan para pengunjung.

Baca Juga  Mantan Ketua Baznas Kabupaten Pasaman Ditahan atas Dugaan Penyalahgunaan Dana Umat

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Benny memerintahkan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pasaman Mara Ondak untuk menganggarkan hal serupa di tahun anggaran mendatang.

“Ini bentuk pemancing dan sumber motivasi bagi kita,” lanjut Benny. Dengan cara seperti itu, ulas Benny, diharapkan akan mendorong keinginan semua pihak di daerah ini untuk menjadi penghafal Al-Quran yang baik.

“Karena kita ingin menjadikan Pasaman sebagai perkampungan Al-Quran,” tandasnya. Benny lalu merujuk salah satu dari 10 program prioritas Pemkab Pasaman, yaitu Pasaman Berimtaq.

Bupati menganggap program itu sangat penting, terutama bila dihadapkan dengan tantangan zaman yang semakin berat. “Anak-anak kita harus memiliki bekal agama dan moralitas yang kuat agar tidak mudah terpengaruh oleh perubahan zaman,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Benny meminta kepada para penghafal Al-Qursn untuk menjaga hafalannya. “Karena sebenarnya menjaga hafalan Al-Quran jauh lebih berat dari menghafal,” ungkapnya.

Ia juga meminta pengawasan para orangtua bagi anak-anaknya yang telah hafal Al-Quran. “Bapak dan Ibu wajib bangga punya anak hafal Al-Quran, karena dijanjikan mahkota di alam akhir nanti.”

Baca Juga  Kunjungi Daerah ujung Utara Benny Utama terima Aspirasi warga

Kegiatan wisuda akbar itu berlangsung meriah dan semarak, yang diikuti oleh 1.660 peserta. Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, yang hanya diikuti 800-an peserta.

Selain diramaikan oleh para peserta, keluarga peserta dan masyarakat, hampir seluruh unsur Forkopimda Pasaman tampak hadir. Lokasi kegiatan menjadi begitu semarak dan meriah.(spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: