Pasbar  

Hijaukan Pesisir Pantai Ribuan Bibit Mangrove Ditanam di Pasbar

Pasbar, fajarharapan.id – Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) di seluruh wilayah Indonesia, menggelar Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak, Senin (15/5/2023).

Acara puncak penanaman mangrove yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diikuti Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi, jajaran Kodim 0305 Pasaman, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan stakeholder terkait di Jorong Padang Jaya, Nagari Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie.

Melalui video conference, Presiden RI Joko Widodo menyebutkan luas ekosistem mangrove di Indonesia mencapai 3,63 juta hektar. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada TNI, POLRI, seluruh pecinta dan pegiat lingkungan yang terus bersama merehabilitasi hutan mangrove yang memang perlu diperbaiki.

“Kita berharap habitat hutan mangrove seperti monyet, biawak, kepiting dan lainnya dapat kembali lagi. Penanaman kembali hutan mangrove di tanah air harus terus dilakukan untuk melindungi pesisir dan proteksi alam,” ujar Presiden Joko Widodo.

Baca Juga  Lomba Dayung Dragon Boat Se-Sumatera Barat Meriahkan HUT TNI ke-78

Mendukung hal tersebut, Bupati Pasbar Hamsuardi mengungkapkan penanaman mangrove di Jorong Padang Jaya, Nagari Maligi juga bermanfaat untuk menghijaukan kembali kawasan pesisir pantai dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi ekosistem yang ada disekitarnya. Tak kalah pentingnya, kata Hamsuardi penanaman mangrove tersebut diharapkan dapat mencegah abrasi dan melindungi masyarakat Maligi dari bahaya banjir.

“Kegiatan yang kita lakukan ini dapat melindungi dan mencegah kita dari bahaya banjir, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan para nelayan kita disini dengan menghasilkan ikan, udang, kepiting dan sebagainya yang berkembang biak di hutan mangrove. Untuk itu, mari sama-sama kita jaga kelestarian mangrove kita ini,” jelasnya.

Baca Juga  BRSDM Kementerian Kelautan dan KKP MoU dengan Pemkab Pasbar

Sementara Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf. Putra Negara menambahkan penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia itu dilaksanakan di 370 lokasi penanaman di 37 provinsi, dengan jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam. Jumlah tersebut meliputi Angkatan Darat di 231 lokasi penanaman dengan 572.669 bibit, Angkatan Laut di 79 lokasi penanaman dengan 443.700 bibit, dan Angkatan Udara di 60 lokasi penanaman dengan 83.800 bibit. (By Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d