Notification

×

Adsense atas

Adsense

Jumat Curhat di Masjid Piobang, Kapolsek Payakumbuh Ingatkan Banyak Hal

Jumat, 03 Februari 2023 | 10:26 WIB Last Updated 2023-02-03T03:26:58Z

 

Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona saat memaparkan beberapa hal yang perlu dijaga bersama di Masjid Piobang. (ist)



Payakumbuh, Fajarharapan.id- Tilang elektronik, masalah narkoba dan kenakalan remaja menjadi tiga hal utama yang menjadi pembahasan dalam Jumat Curhat yang dilakukan Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona, SH., dan jajarannya dalam kegiatan yang dilaksanakan Jumat (3/2/2023) subuh.

Di pagi tadi, kapolsek bersama Camat Payakumbuh, Jonianto, STTP., dan Wakapolsek Payakumbuh, IPTU Asril menyambangi jemaah subuh di Masjid Raya Piobang di Nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Warga tampak antusias mendengarkan pemaparan dari IPTU Doni. Apalagi yang disampaikan terkait tilang elektronik, kenakalan remaja dan bahaya narkoba. Untuk tilang elektronik, masyarakat diimbau untuk tak melakukan pelanggaran dengan mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang, diantaranya UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Salah satunya adalah memenuhi kelengkapan berkendara, diantaranya memiliki surat kendaraan, helm, kelengkapan kendaraan, seperti kaca spion, lampu sen, dan sebagainya. "Mari bersama patuhi aturan lalu lintas. Jangan minta-minta ditilang, tapi lengkapi seluruh kelengkapan berkendara, karena itu juga demi kebaikan bersama," ingatnya.

Kenakalan remaja juga diingatkan agar menjadi perhatian. Jangan sampai anak-anak terlibat hal-hal yang tak seharusnya, termasuk juga terlibat dalam jaringan narkoba. Semua itu akan merugikan anak dan tentu juga merepotkan orang tua. "Dampak narkoba itu sangat buruk," pesan IPTU Doni lagi.

Beberapa jemaah mempertanyakan tentang isu penculikan anak yang belakangan terdengar sangat marak. Soal ini ditanggapi dengan baik oleh Kapolsek Payakumbuh dengan menegaskan, berdasarkan informasi dari Polres khususnya Polres Payakumbuh, tak ada kejadian di sana, tapi orang tua tetap harus waspada dalam menjaga anak-anak mereka. Jangan lengah.

"Mari bersama ingatkan anak-anak kita untuk tidak mudah dekat dengan orang lain, apalagi yang baru dikenal," pesannya.
Anak-anak juga diingatkan untuk tak mudah menerima pemberian orang, karena biasanya modus penculik adalah dengan mengiming-imingi anak dengan sesuatu.

"Ingatkan anak untuk selalu tak mudah dibujuk rayu dan waspada dengan orang-orang yang tak dikenal," pesan Doni lagi.
Pagi yang indah dan cerah semakin seru dengan dialog dua arah antara masyarakat dengan kapolsek dan jajarannya.

Walinagari Piobang, Darmisata yang turut menyambut rombongan itu mengapresiasi kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan. Mereka berharap, acara-acara temu ramah semacam tersebut dapat terus berlangsung.
Di penghujung kegiatan, Kapolsek bersama wakapolsek menyerahkan bantuan berupa alat kebersihan kepada pengurus masjid. (y)

ADSEN KIRI KANAN