Notification

×

Adsense atas

Adsen

Warga Terdampak Banjir Mendapatkan Dukungan Obat-obatan

Selasa, 17 Januari 2023 | 20:46 WIB Last Updated 2023-01-17T13:46:30Z

.


Pati, fajarharapan.id  - Setelah terjadi bencana banjir beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Pati menyisakan banyak dampak kepada masyarakat. Banjir yang sudah berlangsung kurang lebih 2 minggu lalu sampai saat ini air masih menggenang dipemukiman warga. Di Kecamatan Pati sendiri masih ada 7 desa yang sampai saat ini masih tergenang air. Selasa (17/1/2023).


Salah satu desa diwilayah Kecamatan Pati yang sampai saat ini masih terdampak adalah Desa Mustokoharjo khususnya Dukuh Ngantru. Menurut Babinsa setempat Sertu Suharsono yang juga anggota Koramil 0718-01/Pati  selama ini dukungan dari berbagai pihak untuk membantu masyarakat terdampak sangat banyak diantaranya dukungan logistik siap saji maupun bahan mentah. Akan tetapi tidak hanya logistik yang dibutuhkan warga, salah satunya adalah masalah kesehatan.

" Banyak masyarakat yang mulai terjangkit berbagai penyakit apalagi hampir 2 minggu ini air juga belum surut dibeberapa lokasi. Penyakit yang diderita masyarakat kebanyakan penyakit kulit serta diare," ungkap Suharsono.


Memang sudah ada dukungan dari berbagai pihak terutama dari dinas kesehatan maupun dari puskesmas dan dari bidan desa. Akan tetapi ada juga dari berbagai kelompok yang ikut berperan juga untuk memberikan sumbangan berupa obat obatan, seperti dari sebuah kelompok yang telah memberikan bantuan obat obatan yang diserahkan kepada masyarakat melalui Babinsa.

Seperti yang dilakukan Sertu Suharsono yang secara langsung menyalurkan dukungan obat obatan dari kelompok masyarakat yang tidak mau disebutkan. Menurut Suharsono kelompok ini mengumpulkan donasi dari rekan - rekan mereka sendiri untuk membantu masyarakat dalam bentuk obat-obatan.

" Dari kelompok tersebut kami menerima obat obatan dan langsung kami salurkan kepada masyarakat, yang jelas kelompok ini merupakan kelompok sukarelawan dan tidak ada tendensi apa apa hanya sekedar membantu masyarakat," tambah Suharsono.


Ditempat terpisah Danramil 0718-01/Pati Kapten Inf Suyani mengatakan bantuan obat obatan ini diberikan dari donatur langsung ke para Babinsa agar sampai ke masyarakat yang sangat membutuhkan.

" Hal ini merupakan kepercayaan dari donatur kepada Babinsa yang memang selama ini secara terus menerus terlibat dalam membantu  masyarakat yang terdampak banjir di desa binaan masing-masing," ungkap Danramil.


Adapun obat-obatan yang berhasil disalurkan sejumlah 10 paket obat yang masing- masing paket berisi  12 pcs salep, 10 pcs minyak kayu putih dan 48 sachet obat nyamuk.

" Memang obat-obatan ini tidak akan mencukupi kebutuhan masyarakat, minimal inilah yang kami usahakan untuk memberikan sedikit yang bisa kami berikan kepada masyarakat yang terdampak banjir dibeberapa desa di wilayah Kecamatan Pati," ungkap salah satu donatur yang tidak mau disebutkan namanya.

(m@s)



ADSEN KIRI KANAN