Notification

×

Adsense atas

Adsen

TP PKK Pasbar Kunker ke Daerah Ketahanan Pangan

Rabu, 18 Januari 2023 | 22:51 WIB Last Updated 2023-01-18T15:51:55Z

Foto bersama 



Pasbar fajarharapan - Masyarakat yang tergabung dalam Dasawisma di Jorong Mudiak Labuah, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam sayuran.


Jorong Mudiak Labuah, Agus Santoso mengatakan ada sebanyak 20 rumah sudah menikmati hasil manfaat tanaman dari lahan pekarangan rumah yang ada.


“Dari 20 rumah tersebut sekitar 80 persen telah menikmati hasil. Mereka semua tergabung dalam kelompok Dasawisma,” kata Agus, Rabu (18/1) di Kinali.


Ia menerangkan warga yang tergabung dalam Dasawisma tersebut adalah kelompok wanita. Setiap kelompok memanfaatkan lahan pekarangan rumah secara beragam.


“Di Kejorongan Mudiak Labuah, ada kelompok wanita peternak ikan lele dan ada juga kelompok penggerak wanita tani yang memanfaatkan lahan seperti bekebun sayur-sayuran,” terangnya.


Sementara itu Ketua TP PKK Pasaman Barat, Titi Hamsuardi dalam kunjungan kerja nya ke daerah itu meninjau ketahanan pangan yang dilakukan oleh masyarakat.



“Ini peninjauan kembali yang kita lakukan untuk melihat langsung kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan lahan di lingkungan pekarangan rumah,” katanya di Kantor Nagari Persiapan Mudiak Labuah, Kinali.


Menurutnya pemanfaatan lahan pekarangan rumah merupakan salah satu program kegiatan dalam 10 program pokok PKK Pasaman Barat.


Ada 3 titik lokasi Dasawisma yang ditinjau oleh nya di kejorongan tersebut. Peninjauan itu dari tanaman cabe, tomat dan lain nya hingga peninjauan kolam ikan lele.


Untuk itu ia meminta masyarakat agar dapat lebih kreatif dalam pemanfaatan lahan pekarangan di sekitar lingkungan rumah. Hal itu bertujuan untuk ketahanan pangan keluarga.


“Jika pekarangan rumah bisa dikelola dengan baik, ini bisa membantu kebutuhan keluarga. Namun harus disesuaikan dengan kondisi pekarangan,” jelasnya.


Kata Titi, dengan pemanfaatan lahan secara baik maka masyarakat tidak akan membeli lagi bahan kebutuhan pangan.


“Saya lihat, lokasi disini cukup memadai. Jika masyarakat bersungguh sungguh ini sangat membantu untuk ketahanan pangan keluarga,” katanya.


Ia berharap semoga dengan ada nya kegiatan tersebut di Jorong Mudiak Labuah bisa menjadi contoh bagi Dasawisma yang ada di kejorongan lain nya khusus nya di Nagari Kinali.


“Apabila ada perlombaan tingkat provinsi tentang gerakan PKK untuk diekspos keseluruhan nagari di Pasaman Barat, saya nilai Jorong Mudiak Labuah bisa mewakili Pasaman Barat,” ungkapnya.


Sebelum melakukan peninjauan kelapangan, Titi Hamsuardi Didampingi TP PKK Kecamatan Kinali memberikan arahan Kepada tim TP PKK Nagari Kinali.


Turut dihadiri Camat Kinali, Saparuddin, Pj Wali Nagari Kinali, Sudirman, Sekretaris Pemerintahan Nagari Kinali, Syafril Anwar, anggota Bamus Kinali, LPMN Kinali dan perangkat lain nya.(By Roni)


ADSEN KIRI KANAN