Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sikat MU 3-2, Arsenal Semakin Menjauh Memuncaki Klasemen

Senin, 23 Januari 2023 | 11:00 WIB Last Updated 2023-01-23T04:00:00Z

Pemain Arsenal meluapkan kegembiraan setelah menjebol gawang lawan. (dok.cnnindonesia.com)


Jakarta - Arsenal membalaskan kekalahan pada pertemuan pertama atas Manchester United. Pada pertemuan kedua ini, Arsenal menang atas Manchester United dengan skor 3-2 pada pekan ke-21 Liga Inggris 2022/2023 di Emirates Stadium, Minggu (22/1/2023) WIB.


Man United unggul lebih dulu melalui gol jarak jauh yang dicetak Marcus Rashford (17’). Gol dari Eddie Nketiah (24’) kemudian membawa Arsenal menyamakan kedudukan.


Di babak kedua, Arsenal unggul lebih dulu berkat gol jarak jauh Bukayo Saka (53’), tetapi kemudian disamakan lagi oleh sundulan Lisandro Martinez (59’). Gol kedua Saka di menit ke-90 membawa Arsenal menang atas Man United.


Kemenangan ini mengantarkan Arsenal menjauh di puncak klasemen dengan perolehan 50 poin, unggul lima angka dari Man City. Sementara Man United tertahan di peringkat keempat karena baru mengumpulkan 39 poin.


Babak Pertama

Arsenal sedikit mendominasi saat laga baru berjalan 15 menit. Berkali-kali The Gunners mampu melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti Man United dan kemudian melepas percobaan tembakan. Belum ada yang mengarah gawang satupun.


Beda halnya dengan Man United yang walaupun nyaman menguasai bola, justru kesulitan menyerang. Tidak ada satupun tembakan yang mengancam gawang Arsenal.


Skor lebih dulu berubah untuk keunggulan Man United saat laga memasuki menit ke-17. Marcus Rashford mengakhiri gerakan cut inside dari sisi kiri dengan tendangan dari luar kotak penalti yang meluncur masuk ke dalam gawang. Itu adalah percobaan pertama dari Man United.


Dikutip bola.net, Arsenal akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-24. Pergerakan Granit Xhaka di sisi kiri diakhiri dengan umpan silang ke tiang jauh. Eddie Nketiah dengan pintar lepas dari penjagaan pemain Man United dan menyundul bola dari arah yang begitu dekat.


Man United kembali melepas percobaan kedua di menit ke-28. Lagi-lagi dari luar kotak penalti. Tendangan yang coba dibuat melengkung oleh Scott McTominay itu bergerak mulus, tetapi ditepis dengan baik oleh Ramsdale.


Setelah itu, pertandingan berjalan ketat. Arsenal dan Man United punya skema serangan yang rapi dan terorganisasi, untuk bisa menusuk ke jantung pertahanan masing-masing.


Namun, hanya satu tembakan yang tercipta setelahnya. Itupun tercipta di waktu tambahan dan tendangan dari Oleksandr Zinchenko masih melenceng.


Arsenal unggul sedikit selama 45 menit pertama dengan 51 persen penguasaan bola. Arsenal juga lebih banyak melepaskan tembakan (11) daripada Man United (2), namun keduanya sama-sama mencatatkan jumlah on target yang sama (2).


Babak Kedua

Arsenal hanya perlu waktu tujuh menit di babak kedua, tepatnya di menit ke-52 untuk berbalik unggul. Bukayo Saka melakukan gerakan cut inside dari sisi kanan, mengecoh Christian Eriksen, dan melepas tendangan dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau oleh De Gea.


Tak lama kemudian di menit ke-54, Man United yang mengancam lewat tendangan keras Rashford. Tendangan yang dilepaskan dari sudut sempit di sisi kiri itu bisa ditepis Ramsdale dengan sangat baik.


Skor kembali sama saat sundulan Lisandro Martinez sukses menjebol gawang Arsenal di menit ke-59. Berawal dari sepak pojok, tangkapan Ramsdale lepas. Bola muntah tadi diserobot lebih dulu oleh Martinez.


Gawang Man United berkali-kali diancam setelahnya. Arsenal dengan mudah melakukan penetrasi lewat kedua sayap. Nketiah, Saka, dan Xhaka leluasa masuk, lalu melepas umpan ke tengah. Untungnya ancaman-ancaman itu tidak ada yang benar-benar mengarah ke gawang.


Deja Vu di menit ke-70. Saka melakukan gerakan yang sama, dijaga oleh pemain yang sama, dan melepas tembakan dengan cara yang sama. Kali ini, tendangannya melenceng sedikit dari gawang karena sempat terkena kaki Eriksen.


Arsenal nyaris mencetak gol di menit ke-85 dari tendangan jarak dekat Nketiah. Ia terlepas dari kawalan saat terjadi kemelut usai tendangan bebas dilakukan. De Gea bereaksi sangat cepat untuk mengamankan tendangan sang pemain.


Gelombang serangan Arsenal dari sisi sayap akhirnya berbuah manis di menit ke-90. Berawal dari overlap Zinchenko, ia melepas umpan tarik yang disambut oleh Martin Odegaard. Tendangan Odegaard berhasil diteruskan Nketiah yang berdiri di depan gawang Man United.(*)


ADSEN KIRI KANAN