Notification

×

Adsense atas

Adsen

Setelah Jerman, Norwegia Dilaporkan Juga Berencana Kirim 8 Tank Leopard ke Ukraina

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:45 WIB Last Updated 2023-01-25T05:45:00Z

 

ilustrasi




Oslo – Norwegia berkemungkinan memasok delapan tank Leopard ke Ukraina. Hal tersebut terungkap lewat laporan media setempat, Dagens Naeringsliv (DN), dengan mengutip sejumlah sumber. 


Menurut surat kabar itu, ada kemungkinan Norwegia akan mengirimkan delapan dari 36 tank Leopard yang dimilikinya ke Ukraina. Pemerintah Norwegia pun akan segera memutuskan pembelian tank baru.


Pada Selasa (24/1/2023), The Wall Street Journal (WSJ) dengan mengutip beberapa pejabat AS melaporkan bahwa pemerintahan Washington DC juga bakal mengirimkan “sejumlah besar” tank M1 Abrams ke Ukraina. Sementara Jerman juga akan memasok sejumlah kecil tank Leopard 2 ke Ukraina,sebagaimana dikutip iNews.id.


Namun, Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menolak mengomentari rencana tentang pengiriman tank Abrams tersebut. Pentagon juga menolak untuk mengomentari terkait peluang Jerman mengirim Leopard 2 ke Ukraina.


Saat dikonfirmasi Reuters, juru bicara pemerintah, pejabat dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Jerman juga menolak berkomentar. Negara-negara Barat meningkatkan dukungan militer mereka untuk Ukraina setelah Rusia melancarkan agresi militer di sana tahun lalu. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov memperingatkan, setiap senjata kiriman Barat yang masuk ke wilayah Ukraina akan menjadi “sasaran yang sah” bagi pasukan Rusia.(*)




ADSEN KIRI KANAN