Notification

×

Adsense atas

Adsen

Ribuan Peserta Ramaikan Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama di Solsel

Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:25 WIB Last Updated 2023-01-17T03:28:16Z

 




Padang Aro, Fajarharapan.id --- Ribuan peserta Gerak Jalan Kerukunan Tahun 2023 ramaikan jalanan dari RTH Muara Labuh menuju MAN 1 Solok Selatan. 


Kegiatan ini digiatkan Kementerian Agama (Kemenag) Solok Selatan dengan tema momentum jalan sehat kerukunan dan damai umat beragama sebagai simbol kerukunan dan persaudaraan untuk mengantarkan pada Indonesia sehat. "Jaga Kebersamaan Umat". 


Bupati Khairunas mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi pemerintah daerah dengan lembaga Kemenag yang harus tetap terbangun. Ini juga menunjukkan dukungan pemerintah atas program ini. 


"Terkait kerukunan umat beragama di Solok Selatan, bahwa kita harus bersama-sama bergotong royong dalam membangun Solok Selatan," kata Khairunas, Sabtu (14/01/2023). 


Khairunas menegaskan bahwa kita harus terus berinovasi untuk memajukan Kabupaten Solok Selatan, untuk itu butuh kerja sama. 


"Sebagai pemerintah kami juga butuh masukan serta dukungan, untuk mewujudkan kerukunan umat beragama terjaga di tengah keragaman," katanya. 


Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solsel, Kasmir mengatakan gerak Jalan Kerukunan Menuju Umat Rukun Indonesia Hebat dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. 


"Ini masih bagian dari perayaan Hari Amal Bhakti ke-77 Kementerian Agama. Gerak jalan kerukunan sebagai wujud gambaran kerukunan yang diharapkan dapat mencapai kerukunan bagi umat beragama di Indonesia, khususnya juga di Kabupaten Solok Selatan," katanya 


Selain itu, Dia juga menyebutkan bahwa dulu motto Madrasah hebat dan berakhlak, namun sekarang, madrasah mandiri dan berprestasi. 


Terkait inovasi, Kasmir memaparkan inovasi "ANJASMARA", alias Angkutan Antar Jemput Siswa Madrasah Berupa Kendaraan Mini Bus. Tujuannya adalah memberikan pelayanan yang memudahkan peserta didik mendapatkan akses menuju dan pulang dari sekolah. 


Anjasmara menyasar beberapa sekolah MIN di Solsel, diantaranya MIN 1 Solsel di Alai Sako Nagari Sako Selatan Pasir Talang dan MIN 2 Solsel Bandar Gadang Nagari Sako Utara Pasir Talang serta MIN 7 Dolsel di Paninjauan Nagari Pauh Duo Nan Batigo. 


Khasmir menyebut, Inovasi dan inisiatif lahir dari masyarakat, Komite dan Kepala Madrasah untuk pengadaan transportasi. 


Gerak jalan kerukunan ini diikuti langsung Bupati H Khairunas, Wakil Bupati H Yulian Efi, Kepala Kemenag, pelajar Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah se-Solok Selatan serta Kepala OPD pemerintah kabupaten. 


Gerak jalan kerukunan ini juga menghadirkan berbagai doorprize menarik, seperti voucher (potongan biaya) umroh dari PT Holiday Bumi Alam Surambi pimpinan Ust. Zul Apendi, S.HI, sepeda, dan lainnya. Bupati H Khairunas juga ikut berikan tambahan sumbangan doorprize, dimana separoh dari biaya umroh salah seorang pelajar, ditanggung Bupati.  (Sudirman)


ADSEN KIRI KANAN