Notification

×

Adsense atas

Adsen

Ratusan Warga Jorong Pondok, Pasbar Ramai-ramai Tolak Bala dengan Cara Ini

Jumat, 06 Januari 2023 | 19:45 WIB Last Updated 2023-01-06T12:45:44Z

Ratusan warga gelar tradisi tolak bala di Jorong Pondok, Pasbar, Jumat (6/1/2023).


Pasbar, fajarharan.id - Warga Jorong Pondok, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat menggelar tradisi Ratik Tolak Bala.


Tradisi yang digelar satu tahun sekali ini bertujuan untuk menjauhkan nagari (desa) dari mara bahaya atau tolak bala.


Ratik Tolak Bala itu dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, Jorong Pondok yang menjadi titik kumpul, Jumat (6/1/2023)


Acara ini dilakukan dengan cara arak-arakan sambil berdzikir menuju titik-titik yang sudah ditentukan.


“Tradisi ini untuk memohon kepada Allah, agar kampung kami terhindar dari bencana dan didatangkan nikmat sebagaimana yang diinginkan,” kata Ketua Pelaksana dan Pawang Pasia, Ujang.



Menurutnya tradisi ratik tolak bala sudah ada sejak dahulunya oleh masyarakat pesisir pantai di daerah itu dengan disertai penyembelihan seekor kerbau.


“Kegiatan ini sudah ada sejak zaman orang tua kami dahulu. Sudah menjadi tradisi bagi kami yang tinggal berdekatan dengan laut,” terangnya.


Di tempat yang sama, seorang tokoh masyarakat yang juga mantan anggota Bamus Nagari Sasak, Pasrial mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan secara umum untuk masyarakat Nagari Sasak.khususnya warga Jorong Pondok


“Kita hanya bisa berserah diri kepada Allah melalui ratik tolak bala ini. Menurut kami tradisi ini perlu dilestarikan. Semoga kita terhindar dari segala penyakit dan bencana lainnya,” harapnya.


Sementara itu Kepala Jorong Pondok, Hendri Warman menjelaskan tradisi ratik tolak bala dilakukan dengan cara arak-arakan berjalan kaki sambil berdzikir secara bersama-sama menuju titik yang telah ditentukan.


“Ratusan masyarakat mengikuti acara ini tadi, kita berjalan kaki sepanjang kampung dan sepanjang pantai. Setelah itu kita selesaikan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Buya Syech Mudo Abdul Manaf Durian Tibarau Kinal,” jelasnya. (By Roni)


ADSEN KIRI KANAN