Notification

×

Adsense atas

Adsen

Progul Satu Excavator Satu Kecamatan Digulirkan di Kecamatan Sangir

Minggu, 15 Januari 2023 | 20:36 WIB Last Updated 2023-01-15T13:36:39Z

 




Solsel,fajarharapan.id---  Program unggulan Satu Excavator Satu Kecamatan terus bergulir di Solok Selatan,hal ini mendapatkan apresiasi dari tokoh masyarakat.  Kali ini program tersebut dilaunching oleh Bupati H. Khairunas di Sampu, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kec. Sangir, Sumbar Sabtu (14/1/2023). 


Excavator tersebut direncanakan akan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam membangun jalan usaha tani di Sampu - Sungai Bayu. 


Turut hadir dalam launching tersebut Wakil Bupati Yulian Efi, Tokoh masyarakat Letkol Arh Boy Iswarmen SE, Ketua LKAAM Attila Madjidi, SP, Dt Sibungsu, Forkopincam, OPD, dan ratusan masyarakat lainnya. 


Pj Wali Nagari Lubuk Gadang Utara Joni Pardilo, SP, mengatakan bahwa pengerjaan ruas jalan tersebut ditargetkan selesai dalam satu minggu kedepan, dengan kerja goro seluruh masyarakat. 


Joni juga mengajak seluruh elemen di Lubuk Gadang Utara, untuk mendukung program-program yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati, termasuk program satu excavator satu kecamatan. 


"Beliau berdua berkomitmen penuh dengan segenap upayanya membangun Solok Selatan ini, dan hal itu tentu perlu kita dukung bersama," ungkap Joni yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat yang hadir. 


Sementara itu, menanggapi program excavator tersebut, Tokoh masyarakat Letkol Arh Boy Iswarmen SE menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada pemerintah daerah. 


"Program Satu Kecamatan Satu Excavator ini program yang luar biasa. Program ini pastinya akan menghemat dana APBD kita dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat," terang Boy. 


Ia menambahkan, jika pekerjaan yang akan dilakukan masyarakat Sampu ini ditenderkan, mungkin akan menghabiskan anggaran 200 hingga 400 juta. Namun jika dikerjakan dengan swadaya masyarakat dan excavator milik Pemda, biayanya pasti akan jauh berkurang.

Program tersebut katanya juga akan tepat sasaran, karena sesuai kebutuhan dan permintaan masyarakat. 

"Akan kebih tepat guna dan lebih hemat," ungkapnya. 


Bupati Solok Selatan H. Khairunas dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai pemimpin, mereka berdua (Bupati dan Wakil Bupati) akan terus berfikir dan berupaya agar Solok Selatan terus maju dan berkembang,  termasuk pembangunan infrastrukturnya. 


Salah satu usaha dalam percepatan pembangunan infrastruktut tersebut menurutnya adalah melalui program satu excavator satu kecamatan yang telah bekerja di beberapa titik lokasi pekerjaan 


"Saat ini sudah tersedia 3 excavator. Tahun 2023 ini ditambah lagi 1 excavator, dan mesin peralatan penunjang lainnya (motor gleder, vibro roller, mobil trado, dan Mobil Dump Truck). Silahkan dimanfaatkan oleh masyarakat nantinya," ujar Khairunas 


Ia juga mengajak masyarakat untuk terus bahu membahu dan bersatu bersama pemerintah daerah melaksanakan berbagai pembangunan. 


"Tugas kita adalah melakukan pembangunan bersama-sama. Adanya Perbedaan di tengah-tengah masyarakat dan juga pemerintahan, adalah keniscayaan. Tapi jangan sampai perbedaan itu membuat perpecahan, karena pembangunan membutuhkan kebersamaan," pesannya 


Melalui Dinas PU, Bupati juga menginstruksikan untuk mengawal pekerjaan jalan Sampu Sungai Bayu tersebut,  termasuk upaya perbaikan gorong-gorong jalan.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat. Pembagian bibit dari Dinas Pertanian, bantuan beasiswa kepada 37 orang dengan total sebesar 30,9 juta rupiah, konsumtif lansia sebesar 30 juta rupiah untuk 30 orang dari BAZNas Solok Selatan. Juga diserahkan hadiah dan sertifikat pemenang lomba kelembagaan kelompok tani ternak Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. (sudirman)


ADSEN KIRI KANAN