Notification

×

Adsense atas

Adsen

Program Saga Saja Terus Bergulir ; Pemko Pariaman MoU Dengan Politeknik PU

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:04 WIB Last Updated 2023-01-13T14:10:13Z

Walikota Pariaman Genius Umar bersama Direktur Politeknik PU Indratmo Soekarno sedang menanda tangani MoU di Kampus Politeknik PU Semarang, Selasa 10 Januari 2023 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman
- Untuk mendorong Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Program SAGA SAJA, Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Pekerjaan Umum (PU).


MoU kali ini ditandatangani antara Wali Kota Pariaman Genius Umar dengan Direktur Politeknik PU, Prof.Dr.Ir.Indratmo Soekarno, M.Sc.Ph.d, di Gedung Politeknik PU, di Jalan Prof.Sudarto, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (10/01/23).


“Kami sangat mengucapkan terimakasih atas penerimaan seluruh jajaran Politeknik PU, mulai dari Pak Direktur dan jajaranya, yang telah menerima baik kami disini. Sehingga kita bisa melanjutkan program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGA SAJA), untuk mendukung peningkatan SDM dan peningkatan kapasitas aparatur PU di Kota Pariaman" ujarnya.


Genius mengatakan, Kota Pariaman, mempunyai program unggulan SAGA SAJA, yang merupakan program untuk mengkuliahkan anak-anak yang kurang mampu, agar dapat mendapatkan pendidikan tinggi vokasi, dimana seluruh biayanya dibiayai oleh Pemerintah Kota Pariaman.


“Kami percaya, dengan adanya Program Saga Saja ini, akan dapat menuntaskan kemiskinan, dengan pendidikan yang baik. Karena itu, kami telah menandatangani MoU dengan berbagai pendidikan tinggi vokasi terbaik di indonesia. Seperti fakultas vokasi Universitas Indonesia (UI), vokasi Telkom University (Tel U), Poltek Pelayaran dan Poltrada (Politeknik Transportasi Darat), Kementerian Perhubungan, Poltek Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan beberapa fakultas vokasi lainya” ungkapnya.


Genius menuturkan, dengan sekolah vokasi, mereka nantinya akan memiliki keahlian, mereka bekerja, dan merekalah nantinya yang akan membawa keluarganya keluar dari kemiskinan, ulasnya.


“Semoga dengan adanya nanti mahasiswa kita yang belajar di Poltek PU ini, mereka akan mendapatkan ilmu dan keahlian khusus di bidang ke PU an. Juga memiliki sertifikasi, sehingga mereka nanti dapat bekerja sendiri, atau bekerja di perusahan-perusahaan besar” tuturnya.


Lulusan Doktor di IPB ini juga menjelaskan, kerjasama dengan Politeknik PU ini, juga untuk anggotanya yang ada di Dinas PUPR Kota Pariaman. Mereka dapat mengupgrade ilmunya, serta ahli nanti di bidangnya masing-masing. Sehingga menghasilkan SDM PU yang berkompeten.


Sementara itu, Direktur Politeknik PU, Prof. Dr. Ir. indratmo Soekarno M.Sc. Ph.d, menjelaskan, sebagai pendidikan tinggi vokasi rintisan baru di bawah Kementerian PUPR, yang dibuka sejak tahun 2019, dan berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.


“Politeknik PU, merupakan salah satu bentuk terobosan Kementerian PUPR untuk memenuhi kebutuhan dunia industri terhadap tenaga konstruksi terampil, dalam menghadapi tantangan global dan tantangan nasional pembangunan infrastruktur ke PU-an,” terangnya.


Indratmo juga mengatakan, pihaknya mempunyai ikatan instruktur dan asesor yang ahli dibidangnya. Sehingga dapat membantu meningkatkan SDM indonesia pada umumnya, dan SDM yang ada di daerah.


“Politeknik PU juga telah bekerja sama dengan BUMN yang ada di Indonesia untuk memastikan mahasiswa kami siap kerja. Semoga apa yang diharapkan pak Wali dalam peningkatan SDM yang ada di daerahnya, serta menuntaskan angka kemiskinan di Kota Pariaman, dapat terwujud dengan kerjasama ini,” tutupnya. (mc/sa)




ADSEN KIRI KANAN