Notification

×

Adsense atas

Adsen

Periskop 2023: Menilik Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2023, Kylian Mbappe Hentikan Monopoli Lionel Messi?

Selasa, 10 Januari 2023 | 17:32 WIB Last Updated 2023-01-10T10:32:00Z

 

Lionel Messi dan Kylian Mbappe berebut penghargaan Ballon dOr 2023.


MENILIK calon peraih trofi Ballon dOr 2023. Lionel Messi dan Kylian Mbappe nampaknya menjadi calon terkuat untuk menjadi peraih penghargaan pemain terbaik pada tahun ini.


Tidak mengherankan jika predikat calon pemain terbaik di tahun ini bersirkulasi di sekitar dua nama tersebut. Sebab, mereka tampil dengan sangat apik di Piala Dunia 2022 pada akhir tahun lalu.


Messi dan Mbappe merupakan tulang punggung Argentina dan Prancis di sepanjang turnamen Piala Dunia 2022. Mereka pun bersua di final dan sama-sama bersinar dalam pertandingan yang digelar di Stadion Lusail, 18 Desember 2022 tersebut.


Messi mencetak dwigol dan mengantarkan Argentina menjadi juara dunia lewat adu penalti. Namun, pencapaian Mbappe sama sekali tidak bisa diremehkan lewat hattrick-nya yang membantu Prancis bangkit dalam tiga kali kesempatan,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Mbappe bisa disebut hanya kalah beruntung dari Messi di hari itu. Dia mengakhiri turnamen sebagai top skor dengan raihan delapan gol, unggul atas Messi yang mengukir tujuh gol.


Di sisi lain, La Pulga – julukan Lionel Messi – dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen ini. Maka tak ayal, jika kedua pemain ini diprediksi bakal meraih penghargaan Ballon dOr di tahun ini.


Bermain untuk klub yang sama, Paris Saint-Germain (PSG), Messi dan Mbappe sama-sama bersinar. Messi mencetak 12 gol dan 14 assist dari 19 kali bertanding. Sedangkan Mbappe mengukir 22 gol dan lima assist dari 27 kali bertanding.


Jika PSG meraih gelar juara pada akhir musim, maka keduanya akan diberi kredit tinggi. Namun, masih ada banyak hal yang bisa terjadi dari titik ini hingga akhir musim.


Messi akan meraih gelar Ballon dOr kedelapannya jika dinobatkan sebagai pemain terbaik di akhir tahun ini. Itu akan semakin menahbiskan dirinya sebagai pemain terbaik sepanjang masa, yang telah disempurnakan lewat trofi Piala Dunia.


Namun, Mbappe memegang peranan penting di PSG lewat torehan golnya. Meski peran Messi juga tak bisa diremehkan, namun statistik Mbappe perlu diakui lebih mengkilap ketimbang sang megabintang Argentina.


Mbappe sendiri belum pernah meraih penghargaan Ballon dOr sepanjang kariernya. Jika dia sukses melalui sisa musim 2022-2023 dengan lebih baik ketimbang Messi, maka itu tidak akan mengherankan jika dia dinobatkan sebagai peraih Ballon dOr 2023.


Selain kedua nama ini, ada beberapa pemain yang bisa menjadi kandidat. Salah satu yang paling mungkin mengganggu mereka berdua adalah Erling Haaland dari Manchester City.


Sejak gabung The Citizens – julukan Manchester City – pada musim panas 2022 lalu dari Borussia Dortmund, Erling Haaland tak terhentikan. Sang striker asal Norwegia menguasai Liga Inggris 2022-2023 dengan begitu mudahnya.


Dia merupakan top skor sementara Liga Inggris 2022-2023 setelah sukses mencetak 21 gol dari 16 pertandingan. Pesaing terdekatnya, Harry Kane, tertinggal enam gol di klasemen sementara.


Secara total, Erling Haaland telah mengukir 33 gol dan empat assist dari 28 laga saja bersama klub dan juga negara. Jika Timnas Norwegia bermain di Piala Dunia 2022, maka dia bisa menjadi bahan pembicaraan sesudah turnamen. Sayangnya, kualitas Norwegia tidak cukup mengimbangi Haaland dan dia belum bisa tampil di Piala Dunia.


Jika Manchester City, sebut saja, meraih gelar juara Liga Champions pertamanya di akhir musim, mungkin dibumbui dengan status treble winners, maka Haaland layak untuk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Kiprah bomber asal Norwegia ini benar-benar bisa menghancurkan kegemilangan Messi dan Mbappe di Piala Dunia 2022 lalu.(*)



ADSEN KIRI KANAN