Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pelatihan Pramuka Saka Wira di SMA 1 Siding Dalam Bela Negara

Minggu, 15 Januari 2023 | 20:58 WIB Last Updated 2023-01-15T13:58:12Z

.


Bengkayang, fajarharapan.id – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, kali ini Prajurit Pos Siding dipimpin langsung oleh Danpos Siding Serka Trinawan beserta 4 (empat) orang anggota memberikan Latihan Pramuka Saka Wira kepada siswa-siswi SMA 1 Siding, bertempat di Dusun Padang, Desa Siding, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Minggu (15/1/2023).


Dansatgas mengatakan, tujuan dari pada kegiatan Saka Wira adalah wadah kegiatan bagi siswa-siswi pramuka untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai. 


Dikatakannya, Sebanyak 50 orang siswa/siswi Pramuka SMA 1 Siding menerima pembekalan dan Latihan lapangan Saka Wira yang diberikan oleh anggota Pos Siding Satgas Pamtas Yonif 645/GTY.

" Adapun materi yang diberikan oleh para Prajurit Pos Siding Satgas Pamtas Yonif 645/GTY antara lain meliputi: Baris berbaris, Reppelling, tali menali, Navigasi Darat, Pioner dan Survival,"  Imbuhnya.


Turut hadir dan mengawasi dalam kegiatan tersebut yaitu, Bapak Bonar guru sekolah SMA 1 Siding, Danpos Gunung Anggas Letda Inf Karimanta Ginting, Danpos Siding Serka Trinawan, Sertu Nengah Babinsa Jagoi, Kopda Sihotang Babinsa Siding dan Anggota Pos Siding.


Kegiatan Pelatihan Saka Wira Satgas Pamtas Yonif 645/GTY kepada pelajar SMA 1 Siding tersebut bertujuan membekali generasi muda dengan kedisiplinan, nasionalisme dan jiwa korsa. Diharapkan para siswa-siswi sebagai generasi penerus Bangsa tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif dan bisa membentengi diri, diharapkan nantinya akan dapat memberikan andil dalam membangun daerah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 


Selanjutnya Dansatgas menegaskan, semoga kegiatan pembekalan dan Latihan Saka Wira terhadap Siswa/Siswi Pramuka SMA 1 Siding tersebut yang diberikan oleh Prajurit Pos Siding Satgas Pamtas Yonif 645/GTY diharapkan para peserta nantinya siap dari segi mental, fisik maupun pengetahuan dan wawasan tentang kepramukaan serta yang tidak kalah penting yaitu dapat membentuk generasi muda khususnya para siswa/siswi SMA 1 Siding untuk menjadi manusia yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur serta menjadi warga negara Indonesia yang senantiasa menjaga kearifan bangsa, berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI. 

(Satgas Pamtas Yonif 645/GTY).




ADSEN KIRI KANAN