Notification

×

Adsense atas

Adsen

Lukas Enembe Ditangkap, Massa Pendukung Bentrok dengan Aparat

Selasa, 10 Januari 2023 | 20:00 WIB Last Updated 2023-01-10T13:00:00Z

Gubernur papua Lukas Enembe ditangkap KPK untuk kemudian dibawa ke Jakarta demi menjalani proses hukum dalam kasus korupsi.



JAKARTA - Massa pendukung Gubernur Papua Lukas Enembe bentrok dengan aparat kepolisian, Selasa (10/1/2023).Aksi bentrok itu pecah usai Lukas Enembe ditangkap KPK untuk kemudian dibawa ke Jakarta demi menjalani proses hukum dalam kasus korupsi.


Aktivitas warga di sekitar Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, sempat lumpuh akibat bentrok antara massa Gubernur Papua Lukas Enembe dan kepolisian tersebut.Massa memprotes penangkapan yang dilakukan KPK terhadap Lukas Enembe,sebagaimana dikutip iNews.id.


Berdasarkan pantauan, lalu lintas dan kegiatan ekonomi di sekitar bandara mengalami kelumpuhan buntut aksi pembubaran paksa terhadap massa.  Hingga saat ini, aparat keamanan masih terus berjaga di sekitar Kota Sentani dan Bandara Sentani.


KPK menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe di Abepura, Papua pada hari ini pukul 10.27 WIB. Lukas Enembe merupakan tersangka kasus suap dan gratifikasi.  Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan awalnya KPK mendapatkan informasi bahwa Lukas Enembe akan ke Mamit Tolikara melalui Bandara Sentani. Hal tersebut diduga menjadi cara Lukas akan meninggalkan Indonesia.  


"Mendapat informasi tersebut maka kami menghubungi Wakapolda, Dansat Brimbo dan Kabinda untuk membantu upaya penangkapan terhadap tersangka Lukas Enembe di Bandara Sentani karena yang bersangkutan akan keluar Jayapura dan upaya evakuasi tersangka ke Jakarta," kata Firli dalam keterangan tertulis, Selasa (10/1/2023).  



"Sekitar pukul 10.27 WIB telah dilakukan tindakan tegas, upaya paksa oleh tim KPK berserta penegak hukum di Papua berupa penangkapan terhadap Lukas Enembe di daerah Abepura," imbuh dia.


Selanjutnya, kata dia, Lukas dibawa ke Mako Brimob Papua untuk diamankan dan menunggu evakuasi ke Jakarta paling lambat pukul 15.00 WIT. Proses evakuasi menggunakan pesawat Trigana Air.  "Saat ini tersangka Lukas Enembe dikawal Dansat Brimob dan Irwasda Polda Papua menuju Bandara Sentani dan selanjutnya diberangkatkan ke Jakarta via Manado dengan pesawat Trigana Air," ucap Firli.


Usai Lukas tiba di Manado, Polda Sulawesi Utara melakukan pengamanan. Setelah itu Lukas diterbangkan ke Jakarta dan akan diperiksa kesehatan di RSPAD Gatot Subroto dengan tim KPK. (*)






ADSEN KIRI KANAN