Notification

×

Adsense atas

Adsen

Lomba Cerdas Qur'an Meriahkan HUT ke-19 Kabupaten Solok Selatan

Senin, 02 Januari 2023 | 20:17 WIB Last Updated 2023-01-02T13:17:22Z

 



Solsel,fajarharpan.id --- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-19 Kabupaten Solok Selatan berbagai kegiatan kegiatan telah dilaksanakan diantaranya Lomba Cerdas Qur'an. Kegiatan ini diikuti sebanyak 168 tim dari seluruh SD dan SMP/sederajat se-Solok Selatan, kegiatan itu dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi kantor bupati setempat, Senin (2/1/2023).


Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan terlaksananya kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempersiapkan regenerasi Solok Selatan yang lebih baik, berkualitas, dan beraklatukarima sesuai perintah Al-qur'an.


"Anak-anak yang kita didik sekarang adalah generasi penerus kita, yang merupakan calon-calon pemimpin Solok Selatan di masa depan. Untuk itu menjadi tugas kita dalam mempersiapkan mereka dengan nilai-nilai dan kualitas akhlak yang baik," sebut Khairunas.


Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan akan terlahir generasi cerdas qur'an, yang tak hanya hafal surat saja namun juga mengamalkan maksud dan tujuan surat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam kegiatan yang sama, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan program tahfidz qur'an ini sejalan dengan falsafah hidup masyarakat Minangkabau, yakni adat nan basandi syarak, syarak basandi kitabullah.


"Tentu ke depan diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan bermasyarakat serta mempersiapkan generasi masa depan Solok Selatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut. Kami dari DPRD berharap bagaimana program yang dilaksanakan sukses agar generasi Solok Selatan bisa mendunia," tandasnya.


Adapun kegiatan ini bersinergi dengan program unggulan pemerintah kabupaten Solok Selatan yakni, 'Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz'. Selain itu pemerintah juga mendorong terlaksananya pendidikan Al-qur'an di sekolah-sekolah.


Saat ini di Solok Selatan sudah terdapat sebanyak 275 Rumah Tahfidz yang dibina oleh pemerintah dan 105 Rumah Tahfidz mandiri. Dengan kegiatan ini diharapkan akan lebih banyak lagi bermunculan Rumah Tahfidz lainnya di Solok Selatan. 


Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan Padang TV. 

(sudirman)


ADSEN KIRI KANAN