Notification

×

Adsense atas

Adsen

Lagi, Jumat Curhat Kapolsek Payakumbuh Sambangi Jemaah Subuh

Jumat, 13 Januari 2023 | 10:25 WIB Last Updated 2023-01-13T03:26:20Z




Kapolsek Payakumbuh saat berdialog dengan jemaah subuh. (ist)





Payakumbuh, Fajarharapan.id- Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona bersama jajarannya kembali melaksanakan Jumat Curhat. Pada, 13 Januari 2023 ini dilaksanakan di Masjid Jihad Jorong Batu Nan Limo, Nagari Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

Seperti minggu lalu, Kapolsek Payakumbuh mendatangi jemaah subuh. Di sana, usai melaksanakan ibadah bersama, IPTU Doni Prama Dona memaparkan berbagai tugas pokok dan fungsi Polri. 

Terpenting lagi, IPTU Doni mengajak masyarakat secara bersama menciptakan pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat atau harkamtibmas. "Benar kalau harkamtibmas ini bagian dari tugas kami, tugas Polri sesuai Pasal 13 UU No. 2 tahun 2002, tapi kalau tidak bersama-sama dengan masyarakat tentu tidak tercipta dengan baik," katanya.

Pasal 13 UU No. 2 tahun 2002 ini menyebutkan tugas pokok Polri adalah harkamtibmas, yaitu melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat serta penegakan hukum.

Selain itu, kapolsek murah senyum ini juga menyampaikan terkait persyaratan penerbitan laporan polisi, laporan kehilangan barang, pengurusan SKCK, dan perizinan. "Khusus untuk penerbitan SKCK,  masyarakat dikenakan biaya Rp30 ribu sesuai PP RI No. 50 tahun 2010  tentang tarif atas jenis penerimaan bukan pajak yang berlaku di instusi Polri dan juga PP RI No  60 tahun 2016," terangnya.

Sedangkan untuk mengurus izin keramaian, laporan polisi, dan laporan kehilangan barang tidak dikenakan biaya atau gratis.

Jemaah subuh di masjid itu menyambut baik kehadiran Kapolsek Payakumbuh. Hal tersebut terlihat dari antusiasme mereka menanyakan berbagai hal menyangkut tugas pokok dan fungsi Polri. 

Di kesempatan pagi nan indah itu, kapolsek dan jajaran juga menyerahkan bantuan berupa alat-alat kebersihan yang bisa membantu pengurus masjid menjaga kebersihan tempat ibadah tersebut. 

Tokoh masyarakat setempat, Daspuri mengapresiasi langkah Polsek Payakumbuh dalam menjalin silaturrahmi dan meningkatkan ukhuwah Islamiah dengan warga. (yuni)


ADSEN KIRI KANAN