Notification

×

Adsense atas

Adsen

KTT ASEAN 2023 Kemungkinan Digelar di Labuan Bajo

Jumat, 20 Januari 2023 | 17:34 WIB Last Updated 2023-01-20T10:34:00Z

 

.

Jakarta - Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto R. Suryodipuro menyatakan bahwa Labuan Bajo kemungkinan besar menjadi lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN tahun yang dijadwalkan digelar pada Mei. Indonesia yang saat ini memegang keketuaan ASEAN akan menjadi tuan rumah KTT.


“Pemerintah belum secara resmi memutuskan, tapi memang betul Labuan Bajo menjadi salah satu tempat yang memiliki kans besar menjadi tempat penyelenggaraan KTT,” ungkap Arto, sapaan akrab Sidharto, dalam sesi pengarahan pers di Jakarta, Kamis, (19/1/2023).


Menurut Arto, Labuan Bajo masuk dalam salah satu opsi tuan rumah KTT karena bisa menarik perhatian dunia kepada wilayah lain yang ada di Indonesia,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Sementara itu, Jakarta dipastikan akan menjadi lokasi penyelenggaraan pertemuan menteri-menteri luar negeri negara-negara anggota perhimpunan bangsa Asia Tenggara pada 3-4 Februari. Pertemuan tersebut menjadi agenda pembuka dalam rangkaian KTT ASEAN di Indonesia.


Untuk pertama kalinya juga, Timor Leste bakal mengirimkan menteri luar negerinya dalam pertemuan ASEAN Coordination Council (ACC) itu sejak negara tersebut diizinkan menjadi anggota baru ASEAN pada KTT tahun lalu di Kamboja.


Selain pertemuan dengan para pimpinan negara-negara anggota perhimpunan ASEAN, KTT juga akan menggelar rangkaian pertemuan antara pemimpin-pemimpin luar negeri yang direncanakan berlangsung pada Juli, kemudian dilanjutkan dengan KTT Asia Timur (EAS) pada Desember.(*)


ADSEN KIRI KANAN