Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kodim 1011/Kuala Kapuas Persiapkan Lahan untuk Budidaya Cabe Merah

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:33 WIB Last Updated 2023-01-25T13:33:55Z

.


Kuala Kapuas, fajarharapan.id - Kodim 1011/Klk dalam melaksanakan program ketahanan pangan selain tanaman jagung kali ini kodim 1011/Klk juga mempersiapkan lahan seluas 0.5 hektar lebih untuk menanam cabe merah di Asrama Swakarya Kec. Selat, Rabu (25/01/23).


Dandim 1011/ Klk Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto S.E.,menyampaikan penyiapan lahan ini bertujuan untuk mempersiapkan lahan penanaman cabe merah, program ini juga merupakan program dari pemerintah tentang ketahanan pangan, juga bertujuan untuk melatih warga agar memiliki ketrampilan bisa memanfaatkan lahan sekitarnya sebagai sumber pangan yang dapat dijual ataupun dikonsumsi secara pribadi.


Dandim juga mengatakan kegiatan ketahanan pangan yang akan kita laksanakan berkaitan dengan perintah harian Kasad No. 5 yaitu TNI harus hadir ditengah masyarakat dan menjadikan solusi.


Dalam penyiapan lahan budidaya cabe merah, pertama kali yang harus dilakukan adalah memilih lahan yang gembur dan memiliki prioritas yang baik seperti sumber air. Untuk memperoleh lahan yang gembur sebaiknya sebelum ditanami bibit cabe sebaiknya lahan dibajak, dibersihkan dari tunggul/tonggak kayu dan sisa-sisa akar tanaman sebelumnya, karena apabila terlalu banyak gulma dapat menganggu pertumbuhan tanaman cabe.


"Cabe rawit merupakan salah satu komoditas pertanian yang memberikan prospek peningkatan kesejahteraan masyarakat di luar komoditas padi dan jagung," pungkas Dandim.(FJR)


ADSEN KIRI KANAN