Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kevin McCarthy Menangkan Kursi Ketua DPR AS, Gantikan Nancy Pelosi

Sabtu, 07 Januari 2023 | 15:05 WIB Last Updated 2023-01-07T08:25:57Z

 

Kevin McCarthy menjadi ketua DPR AS yang baru 




WASHINGTON - Politikus Partai Republik Kevin McCarthy terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (DPR AS) yang baru, Sabtu (7/1/2023). Dia menggantikan Nancy Pelosi, politikus Partai Demokrat, setelah Republik menguasai lembaga legislatif itu berdasarkan hasil pemilu sela pada Oktober 2022.


Proses pemilihan ketua DPR AS berlangsung panas. Penujukan pria 57 tahun itu sempat terhambat setelah legislator Republik lainnya Matt Gaetz menahan suaranya pada Jumat tengah malam waktu setempat. Sikap Gaetz itu sempat memicu bentrok fisik melibatkan politikus Republik lainnya Mike Rogers, Sebagaimana dikutip iNews.id.


Namun suara ke-15 akhirnya jatuh kepada McCarthy yang menegaskan kemenangannya. Dia menang dengan meraup 216 suara melawan 212. McCarthy terpilih meski suaranya kurang dari setengah anggota DPR lantaran enam politisi partainya memilih abstain.


Ini menjadi proses pemilihan ketua DPR AS paling alot sejak lebih dari 160 tahun terakhir.


Dengan terpilihnya McCarthy, Republik mengakhir cengkeraman Partai Demokrat yang menguasai DPR.


"Sistem kita dibangun berdasarkan check and balances. Sudah saatnya untuk kita untuk menjadi pengawas dan memberikan keseimbangan terhadap kebijakan Presiden," kata McCarthy, dalam pidato pengukuhannya, seperti dikutip dari Reuters.


Dia juga menetapkan beberapa prioritas dalam kepemimpinannya, mulai dari pemangkasan anggaran, imigrasi, hingga memerangi budaya perang.


Meski demikian McCarthy akan menghadapi tantangan berat karena selisih kursi antara Republik dengan Demokrat di DPR sangat tipis.(*)


ADSEN KIRI KANAN