Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kapal LCT Ronnysa and Dwi Tenggelam di Raja Ampat, 9 Orang Selamat, 1 Hilang

Senin, 02 Januari 2023 | 05:58 WIB Last Updated 2023-01-01T22:58:20Z

 

Basarnas saat mengevakuasi penumpang Kapal LCT Ronnysa and Dwi yang tenggelam di Perairan Raja Ampat. 



RAJA AMPAT - Kapal LCT Ronnysa And Dwi berpenumpang 10 orang tenggelam di Perairan Raja Ampat, tepatnya antara Perairan Seget dan Yefyus. Dalam peristiwa ini, sembilan orang dievakuasi selamat dan satu orang hilang dan masih dalam pencarian.


Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong Amiruddin AS mengatakan, pihaknya menerima laporan Kapal LCT Ronnysa and Dwi tenggelam di Perairan Raja Ampat, Minggu (1/1/2023) pukul 04.10 WIT, sebagaimana dikutip iNews.id.


Berdasarkan informasi awal yang diterima, kapal LCT Ronnysa And Dwi berangkat dari Pelabuhan Sorong dengan tujuan Kabupaten Bintuni, Kamis (29/12/2022) pukul 23.00 WIT.


Kemudian, Sabtu (31/12) sekitar pukul 22.06 WIT, salah satu kru kapal yang bernama Alex menghubungi pemilik muatan yaitu Jafar menyampaikan, kapalnya dalam keadaan tenggelam dan sekarang terapung-apung di antara Tanjung Seget dan Pulau Yefyus.


"Setelah mendapatkan laporan, kami langsung memberangkatkan satu tim rescue Kansar Sorong dan ABK KN SAR Baladewa serta kru KN 379 KSOP Sorong ke lokasi tenggelamnya kapal. Kami juga berkoordinasi dengan potensi yang ada di lapangan," ujarnya, Senin (2/1/2023).


Setelah melakukan pencarian sekitar 5 jam, 9 orang penumpang akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Sementara 1 penumpang lainnya, masih dalam proses pencarian.


"Setelah tiba di lokasi yang dilaporkan, tim langsung melakukan pencarian terhadap para penumpang kapal. Bersyukur 9 orang penumpang ditemukan dalam keadaan selamat, sementara satu penumpang lainnya masih dalam proses pencarian," katanya.


Karena cuaca buruk di lokasi pencarian, pukul 15.00 WIT KN SAR Baladewa bertolak kembali menuju Sorong dan pencarian dihentikan sementara, direncanakan operasi SAR dilanjutkan besok hari pukul 08.00 WIT.



Data-data Korban


1. Puryono/ABK/ DP (dalam pencarian)


2 Iswan Kampono/ABK/ selamat


3. Semuel Pongtiku Eduard Malangan/Nahkoda/selamat


4. Yasyen Wattimena/ABK/selamat


5. Gelen Fernando Toliswa/ABK/selamat


6. Hans Kenddy/ABK/selamat


7. Hasan Sahbudin / Operator Alat/selamat


8. Ongen / Operator Alat/selamat


9. Arnelus Wihyawari /Operator Alat/selamat


10. Alex Wihyawari / Operator Alat/selamat. (*)




ADSEN KIRI KANAN