Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jurnalis Senior Papua Diteror Bom Rakitan, Meledak di Samping Rumah

Selasa, 24 Januari 2023 | 07:35 WIB Last Updated 2023-01-24T00:35:37Z

 

Ilustrasi



Papua  - Jurnalis senior Papua, Victor Mambor, diteror bom rakitan oleh orang tak dikenal (OTK), Senin (23/1/2023) dini hari. Bom meledak tepat di samping rumah Victor di Kota Jayapura, Papua.


Aksi teror ini rupanya bukan pertama kali terjadi. Total sudah dua kali aksi teror yang dialami Victor. Kasus yang pertama terjadi pada tanggal 21 April 2021. Mobil Isuzu D-Max (Double Cabin) milik Victor yang diparkir di tepi jalan di samping rumahnya dirusak orang tak dikenal, sebagaimana dikutip iNews.id.


Kasus ini sudah dilaporkan ke Polresta Jayapura Kota namun belum ditemukan pelakunya hingga kini. 


Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menilai kasus teror bom akan memperburuk iklim kemerdekaan pers di Bumi Cenderawasih tersebut. Ketua AJI Indonesia, Sasmito Madrim mengatakan hal ini dapat merugikan masyarakat.


"Karena begitu jurnalis mengalami serangan maka publik akan kesulitan mendapat informasi yang valid dari Papua," ujarnya, Selasa (23/1/2023).


Sasmito menuturkan peristiwa ini merupakan ancaman serius. Dia meminta polisi mengusut tuntas kasus tersebut.


"Ini menjadi peringatan terakhir bagi Aparat Penegak Hukum supaya mengusut tuntas jurnalis Papua, aktivis AJI Termasuk serangan bom," ucapnya.(*)



ADSEN KIRI KANAN