Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jumat Curhat Kapolsek Payakumbuh Kunjungi Jemaah Masjid Al Muhsinin

Jumat, 06 Januari 2023 | 09:19 WIB Last Updated 2023-01-06T06:58:52Z

 

Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona menyerah bantuan alat kebersihan kepada pengurus masjid. (ist)



Payakumbuh, Fajarharapan.id- Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona, SH., kembali melaksanakan "Jumat Curhat". Bila pada minggu sebelumnya menyambangi jemaah Shalat Jumat, pada Jumat (6/1/2023) ini, shalat bersama jemaah Subuh di Masjid Al Muhsinin, Nagari Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Kapolsek dalam sambutannya usai shalat mengajak warga bersama-sama dengan aparat menciptakan harkamtibmas di wilayah mereka. "Pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat atau harkamtibmas ini tak bisa terwujud jika kita tak sama-sama," katanya.

Memang diakui IPTU Doni, harkamtibmas bagian dari tugas Polri sesuai Pasal 13 UU No. 2 Tahun 2002. Dimana pada aturan itu dijelaskan tugas pokok Polri adalah harkamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakan hukum. Namun, semuanya itu lanjutnya bisa terwujud dan tercipta dengan baik bila masyarakat secara bersama-sama mendukungnya.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Payakumbuh dengan gayanya yang merakyat juga menyampaikan berbagai hal terkait kondisi wilayah hukum Polres Payakumbuh. Juga memaparkan persyaratan penerbitan laporan polisi, laporan kehilangan barang, pengurusan SKCK, dan perizinan. "Khusus untuk penerbitan SKCK, masyarakat dikenakan biaya sebesar Rp30 ribu sesuai PP RI No. 50 tahun 2010 tentang tarif atas jenis penerimaan bukan pajak yang berlaku di instusi Polri dan juga PP RI No. 60 tahun 2016," terangnya.

Sedangkan untuk mengurus izin keramaian, laporan polisi, dan laporan kehilangan barang tidak dikenakan biaya atau gratis.
Jemaah subuh di masjid itu menyambut baik kehadiran Kapolsek Payakumbuh. Hal tersebut terlihat dari antusiasme mereka menanyakan berbagai hal menyangkut tugas pokok dan fungsi Polri.

Ketua Pengurus Masjid, Jaswin juga mengaku gembira dengan kehadiran kapolsek dan rombongan di masjid itu dan berterima kasih atas bantuan alat kebersihan yang diberikan untuk masjid. (yuni





ADSEN KIRI KANAN