Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jumat Curhat di Nurul Fallah, Kapolsek Payakumbuh Ingatkan Warga Jaga Harkamtibmas

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:51 WIB Last Updated 2023-01-20T02:52:10Z




Jumat Curhat Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona, SH., di Masjid Nurul Fallah mendapatkan sambutan hangat dari para jemaah subuh. (ist)



Payakumbuh, Fajarharapan.id-Kapolsek Payakumbuh, IPTU Doni Prama Dona, SH., beserta jajarannya kembali melaksanakan Jumat Curhat. Pada Jumat (20/1/2023) ini, dia menyambangi jemaah Subuh Masjid Nurul Fallah yang terletak di Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Payakumbuh menyampaikan gambaran situasi secara umum tentang Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Payakumbuh. Sekaligus menghimbau masyarakat untuk turut serta bekerjasama dengan aparat kepolisian menciptakan harkamtibmas di wilayah hukum Polsek Payakumbuh khusunya di Nagari Koto Tangah Simalanggang. "Harkamtibmas akan sulit terwujud tanpa adanya dukungan dari masyarakat," katanya.

Di pagi nan cerah itu, kapolsek juga menyampaikan bahwa berdasarkan pasal 13 UU No 2 tahun 2002, tugas pokok Polri adalah, harkamtibmas, yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegakan hukum.

Selain itu, Polsek Payakumbuh juga memberikan pelayanan penerbitan SKCK, izin keramaian, penerimaan laporan polisi dan laporan kehilangan barang. Kapolsek juga menyampaikan berbagai persyaratan yang harus dilengkapi dalam penerbitan laporan polisi, laporan kehilangan barang, SKCK dan perizinan tersebut. 

"Khusus penerbitan SKCK, berdasarkan PP RI No. 50 THN 2010 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku di institusi Polri dan PP RI No. 60 tahun 2016, masyarakat yang mengurus SKCK dikenakan biaya sebesar Rp30.000," sebutnya.

Sedangkan untuk izin keramaian, laporan polisi dan laporan kehilangan barang tidak dikenakan biaya alias gratis.

Kapolsek juga menghimbau masyarakat untuk menjauhi narkoba. "Sekali terlibat narkoba, maka akan sulit untuk lepas dari jeratan dan pengaruh narkoba," tegasnya dengan nada serius.


Walinagari Taeh Baruah, Indra Mulyadi menyambut baik Jumat Curhat yang dilakukan oleh Kapolsek dan jajarannya. Dia berharap kegiatan tersebut terus dilakukan sehingga masyarakat dapat teredukasi.

Pada Jumat Curhat tersebut, Kapolsek membuka sesi tanya jawab dengan masyarakan, dan tak lupa menyerahkan bantuan berupa alat kebersihan seperti sebelumnya. (yuni)








ADSEN KIRI KANAN