Notification

×

Adsense atas

Adsen

Inilah Deretan Negara yang Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN

Jumat, 06 Januari 2023 | 18:56 WIB Last Updated 2023-01-06T11:56:00Z

 

Negara Asia Tenggara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN. Bendera negara-negara ASEAN.



Jakarta  - Inilah beberapa negara Asia Tenggara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN. Seperti diketahui. Diketahui, Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah organisasi negara-negara di Asia Tenggara. 


Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Perbara oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.


ASEAN ini merupakan bentuk kerja sama negara di Asia Tenggara pada bidang ekonomi, politik, sosial budaya, hingga pendidikan. Saat ini, ASEAN memiliki jumlah anggota 11 negara, termasuk Timor Leste yang baru saja bergabung. Namun pada awal didirikannya ASEAN, hanya lima negara yang ikut berpartisipasi dalam mendirikan ASEAN. Berikut adalah penjelasannya secara lengkap,sebagaimana dikutip iNews.id.


ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 oleh lima negara Asia Tenggara di Bangkok, Thailand. Adapun lima negara Asia Tenggara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, serta Thailand. Pendirian ASEAN ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Perbara atau Deklarasi Bangkok yang diwakili oleh lima menteri luar negeri. Lima menteri luar negeri tersebut adalah: 


1. Adam Malik dari Indonesia  

2. Tun Abdul Razak dari Malaysia 

3. Narciso R. Ramos dari Filipina 

4. S. Rajaratnam dari Singapura 

5. Thanat Khoman dari Thailand


Saat ini, ASEAN beranggotakan 11 negara di Asia Tenggara, yakni:   

1. Indonesia  

2. Singapura  

3. Filipina  

4. Thailand   

5. Malaysia  

6. Brunei Darussalam  

7. Vietnam  

8. Myanmar 

9. Laos 

10. Kamboja 

11. Timor Leste 


Dari daftar tersebut, negara yang tidak ikut mendirikan organisasi asean adalah Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar,  Kamboja, dan Timor Leste.


Brunei Darussalam baru menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984, sementara itu Vietnam baru menyusul Brunei Darussalam pada 30 Juli 1995. Setelah itu pada tanggal 28 Juli 1997 diresmikan Laos dan Myanmar yang bergabung ke dalam ASEAN.  Kamboja resmi bergabung ke dalam ASEAN pada 30 April 1990. Sedangkan negara terakhir yang menjadi bagian dari ASEAN adalah Timor Leste pada 11 November 2022.(*)



ADSEN KIRI KANAN