Notification

×

Adsense atas

Adsen

Gibran Rakabuming Siap Jadi Cagup 2024, Sekjen PKS; Partai Miliki Mekanisme Internal

Senin, 23 Januari 2023 | 06:34 WIB Last Updated 2023-01-22T23:34:49Z

.


Jakarta - Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Alhabsy terbahak saat ditanya soal peluang partainya mengusung Gibran Rakabuming yang sudah menyatakan siap jadi calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.


Menurut Aboe, partainya memiliki mekanisme internal untuk membahas soal pencalonan jagoan mereka di Pilkada.


"PKS pasti ada pembicaraannya dan ada pencalonan sendiri," ucap Aboe sambil terbahak di kantor pusat PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemarin.


Anggota Komisi III DPR itu mengaku tak mempermasalahkan soal kesiapan Wali Kota Solo itu maju sebagai calon gubernur di Pilkada 2024. Menurut dia, semua orang berhak menyatakan dirinya maju dan dipilih. Soal kelayakan, menurut Aboe, biarkan rakyat yang menilai.


"Setiap orang berhak menyatakan dirinya siap maju, soal nanti rakyat sendiri yang menyatakan layak atau tidak," katanya.


Gibran Siap Jadi Calon Gubernur di 2024

Sementara itu, Ketua DPP PKB Daniel Johan menyatakan partainya terbuka untuk mendukung putra Presiden Joko Widodo tersebut maju dalam kontestasi pemilihan gubernur.


"Tetapi tentu PKB sangat terbuka dengan siapapun, termasuk dengan Mas Gibran," kata Daniel di Kantor DPP PKB, Jakarta.


Meski begitu, Daniel mengaku PKB belum ada pembahasan secara langsung dengan Gibran terkait kesiapannya maju Pilgub. Pasalnya, PKB masih fokus untuk menyiapkan pemilihan legislatif (Pileg) terlebih dulu sebelum Pilkada.


Ia lantas bekelakar mengajak mampir Gibran ke DPP PKB di Jakarta bila siap untuk maju Pilgub. "Ya kalau memang, karena kita PKB terbuka ya, mungkin nanti Mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB," kata Daniel sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Daniel juga enggan berandai-andai Gibran lebih cocok maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Ia menyarankan Gibran harus berkontribusi terlebih dulu bagi Kota Solo yang saat ini dipimpinnya.


"Tinggal bagaimana berkomunikasi dengan partai-partai untuk melakukan pengusungan. Tapi yang paling penting mas Gibran harus menunjukkan kali kota yang berhasil di kota Solo," kata dia.


Gibran sebelumnya mengaku siap jika diusung menjadi calon gubernur di Pilkada 2024. Ia siap jika memang dipercaya oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi calon gubernur.


"Ya saya sih siap, tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior," kata Gibran. (*)


ADSEN KIRI KANAN