Notification

×

Adsense atas

Adsen

Empat SD Swasta di Kotim Bakal Naik Status Negeri

Rabu, 11 Januari 2023 | 08:14 WIB Last Updated 2023-01-11T01:14:36Z

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Sisiawati. (ist)


Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal menaikkan status empat Sekolah Dasar (SD) khususnya daerah terpencil.


Hal itu upaya Pemkab Kotim untuk memprihatikan pendidikan untuk generasi terutama mereka yang tinggal jauh di perkotaan.


"Ya benar empat SD itu bakal naik status dari swasta ke negeri. Sekolah itu berada di wilayah terpencil," ujar Bupati yang diwakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kotim, Sisiawati, Kamis (11/1/2023).


Menurutnya, Dinas Pendidikan Kotim berencana meningkatkan status 4 satuan pendidikan yang berada di wilayah terpencil. 


Status dari swasta ke negeri empat SD itu dalam waktu dekat akan dinaikkan.


SD yang dimaksud, Sekolah Dasar Swasta (SDS) Pantap, SDS Rantau Suang, SDS Rantau Sawang dan SDS Kandan.


Mulanya penggagas satuan pendidikan tersebut adalah Pemerintah Daerah Kotim, namun karena keterbatasan anggaran akhirnya dikelola yayasan.


Rata-rata tenaga pendidik dari keempat SDS itu merupakan tenaga kontrak, sehingga yayasan kesulitan mencari pembiayaan tenaga pendidik. Meskipun Disdik sudah memeberikan bantuan pembiayaan.


Kenaikan status satuan pendidikan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali sekolah tersebut melalui program Disdik Kotim.


Kenaikan status SDS menjadi SDN ini terutama untuk menjaga peserta didik. Secara geografis mereka jauh dari jangkauan sekolah lain.


Upaya itu juga dilakukan untuk menimalisir anak di daerah terpencil putus sekolah. (audy)


ADSEN KIRI KANAN