Notification

×

Adsense atas

Adsen

Duh Enaknya, Pemerintah Taiwan Bagikan Rp3 Juta ke Setiap Warga saat Imlek

Rabu, 04 Januari 2023 | 23:04 WIB Last Updated 2023-01-04T16:04:00Z

 

Warga Taiwan mendapatkan uang tunai Rp3 juta dari pemerintah untuk merayakan Imlek.



TAIPEI  - Sungguh beruntung warga Taiwan saat tahun baru ini. Mereka mendapatkan uang tunai 6.000 dolar Taiwan atau sekitar Rp3 juta dari pemerintah untuk merayakan Imlek.


Perdana Menteri Taiwan Su Tseng Chang mengatakan,  pemerintah menyiapkan total 140 miliar dolar Taiwan. Dana ini sebagian diambil dari pajak dan dibagikan secara tunai kepada setiap warga, sebagaimana dikutip iNews.id.


Su mengatakan Taiwan mengalami pertumbuhan ekonomi dan dampaknya akan dibagi kepada semua warga.


"Buah pencapaian ekonomi akan dinikmati oleh semua warga, dari muda hingga tua," ujar Su dikutip dari Reuters, Rabu (4/1/2023).


Penyerahan uang tunai ke warga masih menunggu persetujuan dari parlemen. Namun pembagian uang untuk warga ini akan terealisasi dengan cepat karena partai berkuasa, Partai Progresif Demokratik memiliki kursi mayoritas dan memberikan sinyal mendukung atas rencana ini.


"Kami ingin memberikan keberkahan Tahun Baru kepada semua warga pada awal Tahun Baru Imlek," ucap Su.


Saat tahun baru Imlek, Taiwan memberlakukan libur nasional selama sepekan yang dimulai pada 20 Januari mendatang.


Perekonomian Taiwan selama ini bergantung pada ekspor teknologi tumbuh 6,45 persen pada 2021. Rekor tertinggi Taiwan terjadi pada 2010 dengan 10,25 persen.


Taiwan terkenal sebagai produsen utama semikonduktor yang digunakan pada segala peralatan. Mulai dari ponsel, mobil, hingga jet tempur. 


Perekonomian Taiwan terus tumbuh bahkan selama pandemi Covid-19. Ini lantaran permintaan ekspor chip semikonduktor untuk produk elektronik konsumen terus meningkat. 


Meski demikian pertumbuhan ekonomi Taiwan pada 2022 dan 2023 diperkirakan melambat dibandingkan tahun sebelumnya lantaran dipicu resesi global. (*)



ADSEN KIRI KANAN