Notification

×

Adsense atas

Adsen

Drone Rusia Gempur Sejumlah Infrastruktur Penting Ukraina di Kiev

Senin, 02 Januari 2023 | 15:57 WIB Last Updated 2023-01-02T08:57:00Z

 

Salah satu puing drone Rusia yang hancur di Kiev, Ukraina.




KIEV – Drone-drone Rusia menyerang sejumlah infrastruktur penting Ukraina pada Senin (2/1/2023) pagi di Kiev dan wilayah sekitarnya. Serangan pesawat tak berawak itu diungkapkan para pejabat setempat, seperti dilansir kantor berita Reuters, pagi ini. 


Rusia terus menggempur Kiev untuk malam kedua berturut-turut. Sebelumnya, militer Moskow menembakkan rentetan rudal di atas ibu kota negara tetangganya itu pada malam Tahun Baru dan pada siang hari sebelumnya,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Ada serangan drone malam hari: suaranya keras di wilayah dan di ibu kota (Kiev),” ungkap Gubernur Kiev, Oleksiy Kuleba, melalui aplikasi perpesanan Telegram. “Rusia meluncurkan beberapa gelombang serangan drone Shahed (buatan Iran). Menargetkan fasilitas infrastruktur penting. Pertahanan udara sedang menanggapinya,” kata dia.


Militer yang bekerja di Kiev mengatakan, pada pukul 03.00 pagi waktu setempat (08.00 WIB), sistem pertahanan udara Ukraina menghancurkan 16 objek udara di atas langit kota itu. Sirene serangan udara pun meraung-raung pada saat yang bersamaan selama lebih dari tiga jam. 


Sebelumnya pada malam hari, puing-puing dari pesawat tak berawak yang hancur di atas Kiev menghantam distrik timur laut ibu kota. Satu orang terluka akibat terkena puing drone itu, kata Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko.


“Seorang pria berusia 19 tahun dilarikan ke rumah sakit di Distrik Desnianskiy Kiev,” ujar Klitschko di aplikasi perpesanan Telegram.  Menurut dia, puing-puing drone menghantam jalan di sana dan merusak sebuah bangunan. Namun, kantor berita Reuters tidak dapat memverifikasi informasi itu secara independen.


Sementara ajudan presiden Ukraina, Kyrylo Tymoshenko mengatakan, puing-puing drone menghantam jalan di Distrik Desnianskiy di timur laut Kiev. Puing itu merusak sebuah bangunan di sebelahnya.


Distrik yang terletak di tepi kiri Sungai Dnipro tersebut sebagian besar merupakan kawasan pemukiman dan distrik terpadat di Kiev. Komando militer regional Ukraina di timur negara itu mengatakan, sistem pertahanan udara menghancurkan sembilan drone Shahed buatan Iran di atas wilayah Dnipropetrovsk dan Zaporizhzhia pada dini hari.(*)





ADSEN KIRI KANAN