Notification

×

Adsense atas

Adsen

Dikira Tidur, Gajah di TWA Buluh Cina Riau Ternyata Mati

Rabu, 18 Januari 2023 | 18:30 WIB Last Updated 2023-01-18T11:30:00Z

Seekor gajah ditemukan mati di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina di Kabupaten Kampar, Riau.



Pekanbaru - Seekor gajah mati di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau. Gajah yang diberi nama Damar itu tergeletak di tanah. Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya (BBKSDA) Riau, Genman S Hasibuan mengatakan, awalnya seorang pawang gajah, yakni Alex Gunawan mengira Damar sedang tidur. Namun saat didekati, satwa tersebut telah mati.


Genman menjelaskan, sebelum mati, Damar yang berusia 2 tahun 4 bulan dalam kondisi baik-baik saja dan tidak ditemukan tanda-tanda gangguan kesehatan. Untuk mengetahui penyebab kematian Damar, BBKSDA Riau telah mengirim sampel lidah, hati, limpa, lambung, ginjal, jantung, paru-paru, dan cairan perikardium ke laboratorium di Bogor,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Berdasarkan hasil uji laboratorium yang baru keluar kemarin, diketahui Damar mati disebabkan Positif Elephant Endotheliotropic Herpes Virus (EEHV)," kata Genman, Rabu (18/1/2023). 


Damar lahir di TWA Buluh Cina pada 3 Juli 2020 dari pasangan Robin dan Ngatini yang merupakan gajah latih. Keberadaan anak gajah itu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke TWA Buluh Cina.(*)



ADSEN KIRI KANAN