Notification

×

Adsense atas

Adsen

Camat Bungus Teluk Kabung Harapkan Bantuan Mahasiswa UNP untuk Mewujudkan Masyarakat Siaga Bencana

Senin, 09 Januari 2023 | 18:59 WIB Last Updated 2023-01-09T11:59:53Z


.

Padang - Harnoldi, SH., MM, Camat Bungus Teluk Kabung menyambut gembira kehadiran 50 orang mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Padang (UNP) yang akan ditempatkan di dua kelurahan yaitu Bungus Selatan/BS dan Kelurahan Teluk Kabung Tengah/TKT. Hal itu disampaikannya dalam sambutan ketika menyambut rombongan KKN UNP yang dipimpin Dosen Pembimbing Lapangan/DPL yaitu Dr. Nofrion, M. Pd di Meeting Room Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2023 tersebut juga dihadiri langsung oleh dua Lurah yang akan menerima mahasiswa KKN yaitu Nurhayati, Lurah Bungus Selatan/BS dan Rustam Efendi, SKM, Lurah Teluk Kabung Tengah/TKT. Camat, Bungus Teluk Kabung memaparkan bahwa wilayahnya seluas 100, 78 km2 terdiri dari enam kelurahan  dan sebelah barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Posisi Geografis ini, selain menguntungkan dari aspek pariwisata dan perikanan namun juga memiliki potensi bencana yaitu Tsunami. Oleh sebab itu, Camat berharap agar dalam kegiatan KKN mahasiswa UNP memasukkan program peningkatan kesiapsiagaan warga terutama warga sekolah terhadap potensi bencana Tsunami berupa pendidikan kebencanaan ke sekolah-sekolah, pembuatan peta dan jalur evakuasi serta memberikan latihan atau simulasi siaga bencana. 


Dr. Nofrion, M. Pd sebagai DPL KKN UNP di Kecamatan Bungus Teluk Kabung khususnya Kelurahan Teluk Kabung Tengah/TKT menjelaskan bahwa  mahasiswa peserta KKN periode Januari -Februari ini berasal dari berbagai program studi dan tentunya memiliki kompetensi yang beragam dan dapat dimanfaatkan untuk masyarakat kecamatan Bungus Teluk Kabung. Terkait upaya meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat tepi pantai terhadap potensi bencana Tsunami, Dr. Nofrion, M. Pd yang juga dosen Departemen Geografi ini memaparkan bahwa ada empat orang mahasiswa peserta KKN yang berasal dari Departemen Geografi yang memiliki kompetensi tentang pemetaan dan kesiapsiagaan bencana. Tidak hanya itu, dari 50 peserta KKN yang ditempatkan disini juga memiliki kompetensi beragam yang bermanfaat bagi masyarakat dengan cara berkolaborasi dengan pihak kelurahan, masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.


Kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Negeri Padang yang dikelola oleh Pusat KKN LPPM UNP ini akan berlangsung selama sebulan. Lurah Bungus Selatan/BS, Nurhayati menyampaikan bahwa pihak kelurahan akan menyediakan posko bagi mahasiswa UNP yang akan KKN. Bagi yang membutuhkan penginapan, kami juga akan mencoba mencarikan rumah untuk penginapan mahasiswa. Demikian ditambahkan oleh Lurah Teluk Kabung Tengah/TKT, Rustam Efendi, SKM. ( Humas UNP )


ADSEN KIRI KANAN