Notification

×

Adsense atas

Adsen

Bosan Juara Piala AFF, Thailand Tinggalkan Timnas Indonesia dan Hengkang ke Asia Barat?

Kamis, 12 Januari 2023 | 13:40 WIB Last Updated 2023-01-12T06:40:00Z

.


FEDERASI Sepakbola Thailand (FAT) mengonfirmasi akan ambil bagian di Piala AFF-nya Asia Barat atau WAFF Championship 2023. Apakah ini pertanda Timnas Thailand akan meninggalkan Asia Tenggara dan Timnas Indonesia demi gabung Federasi Sepakbola Asia Barat (WAFF)?


“Federasi Sepakbola Thailand (FAT) mengonfirmasi Timnas Thailand akan ambil bagian di West Asian Football Federation Championship 2023. Thailand akan tampil bersama sejumlah negara yang diundang tampil di turnamen ini, salah satunya India,” tulis akun Twitter @theaseanball,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Thailand mendominasi sepakbola di Asia Tenggara. Skuad Gajah Perang enam kali keluar sebagai yang terbaik di Piala AFF, terbanyak ketimbang negara Asia Tenggara lain.


Skuad asuhan Alexandre Polking pun dalam perjalanan memenangkan trofi ketujuh di Piala AFF. Meski tidak diperkuat sejumlah pemain utama, Thailand sanggup lolos ke final Piala AFF 2022 dan akan bersua Vietnam pada 14 dan 16 Januari 2023.


Kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan, juga mengeluarkan pernyataan tegas medio Mei 2022. Ia mengatakan level Thailand sudah tak lagi di Asia Tenggara.


Theerathon Bunmathan yang pernah merumput di Liga Jepang bersama Yokohama Marinos ini  menegaskan, FAT seharusnya mengirim tim U-17 atau U-19 untuk mentas di SEA Games, bukan U-23.


“Faktanya saya tidak terlalu menekankan Asia Tenggara. Saya pikir inilah saatnya Thailand mencoba melewati batas ini. Target saya adalah Thailand konsisten menghadapi tim-tim kuat Asia,” kata Theerathon Bunmathan mengutip dari media Vietnam, Soha.


“Jika ada orang bertanya apakah bersaing dengan level Asia Tenggara ada gunanya, jawaban saya pasti tidak. Thailand harus belajar dari Jepang. Mereka tidak takut gagal,” tegas pemain berambut pirang ini.


“Saya pikir saat turun di SEA Games, Thailand harus menurunkan tim U-17 dan U-19. Ini akan membawa banyak manfaat di masa depan,” lanjut pemain yang biasa mentas sebagai fullback kiri dan gelandang ini.


Gayung pun bersambut, Thailand diundang ambil bagian di ajang WAFF Championship 2023 atau Piala AFF-nya Asia Barat yang berlangsung pada 20 Maret hingga 2 April 2023. Turnamen ini diikuti seluruh tim Asia Barat mulai dari Bahrain, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Uni Emirat Arab (tuan rumah) dan Yaman.


Bukan tak mungkin setelah tampil di ajang ini, FAT memutuskan pindah federasi. Sebab, dalam sejarahnya, ada banyak negara yang memutuskan pindah federasi untuk naik level.(*)


ADSEN KIRI KANAN