Notification

×

Adsense atas

Adsen

BMKG: Operasi TMC Berhasil Antisipasi Cuaca Ekstrem di DKI dan Jabar

Minggu, 01 Januari 2023 | 11:05 WIB Last Updated 2023-01-01T04:05:00Z

 

 

TNI AU kerahkan pesawat untuk modifikasi cuaca 




JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Jakarta dan Jawa Barat berhasil mengantisipasi cuaca ekstrem selama akhir Desember 2022. Operasi ini bekerja sama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI AU dan Kementerian Perhubungan.


Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati juga menyampaikan terima kasih atas kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, sebagaimana dikutip iNews.id


"Alhamdulillah, operasi TMC yang digelar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat berjalan sesuai rencana dan bisa dikatakan berhasil," kata Dwikorita melalui keterangan pers, Minggu (1/1/2023). 


Berkat operasi TMC, cuaca ekstrem di penghujung 2022 berhasil dikurangi intensitasnya. Operasi ini menghabiskan sedikitnya 30 ton NaCl atau garam yang disemaikan di ketinggian 10.000 kaki. 


Dwikorita juga berterima kasih atas keterlibatan TNI AU yang sejak 29 Desember 2022 membantu menyemaikan garam melalui dua pesawat yaitu Pesawat Cassa 212 dan CN 295 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.


"Garam-garam disebar dengan teknik penyebaran yang dilakukan secara manual pada koordinat yang telah ditentukan. Dengan begitu, hujan diturunkan di wilayah laut sehingga tidak sempat masuk daratan," ujar Dwikorita. 


Puluhan ton garam ditabur di Perairan Selat Sunda, berdekatan dengan Gunung Anak Krakatau. 


"Awan-awan yang membawa hujan, itu dicegat agar tidak turun di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat," ujar Dwikorita.(*)


ADSEN KIRI KANAN